Tugas Akhir
Perancangan Web Series Video 360° sebagai Media Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta
Dikenal sebagai destinasi wisata, Yogyakarta seakan memiliki magnet tersendiri
untuk menarik wisatawan. Atraksi wisata di Yogyakarta tidak berhenti untuk
berkembang sejalan dengan perubahan jaman. Meskipun demikian, Yogyakarta
tidak pernah melepaskan perannya sebagai wajah kebudayaan Indonesia,
khususnya di Pulau Jawa. Untuk menarik wisatawan, promosi yang telah
digunakan berupa brosur, iklan TV, website dan kalender wisata merupakan hal
yang terlalu umum dan dirasa kurang mengikuti perkembangan jaman. Hadirnya
teknologi Virtual Reality sebagai media baru, perancangan dan penggunaan video
360° diharapkan dapat memberi variasi promosi pariwisata Yogyakarta. Video
360° berfokus pada pengalaman buatan yang dapat dirasakan oleh penonton, hal
tersebut menjadi alasan mengapa pembuatan video ini adalah sebuah kebaruan
bagi promosi pariwisata Yogyakarta. Dalam proses pengolahan data, perancangan
video 360°Story menggunakan teknik analisis data SWOT. Teknik analisis
SWOT digunakan karena sesuai dengan data-data yang dikumpulkan oleh
perancang yaitu, melihat kekuatan dan kesempatan antar variabel yang terlibat
dalam perancangan ini. Hasil dari perancangan dan pembuatan video 360°Story
adalah pendistribusian video 360° pariwisata Yogyakarta secara viral, sehingga
dapat memudahkan calon wisatawan untuk mencari tahu mengenai destinasi
wisata di Yogyakarta.
Kata kunci: Video 360, Virtual Reality, Pariwisata, Yogyakarta.
Tidak tersedia versi lain