Tugas Akhir
Pembelajaran Musik Kreatif pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 3 Jarakan Sewon Bantul
Pembelajaran musik kreatif merupakan model pembelajaran musik yang didasarkan pada aspek kreatif seorang siswa terhadap kepekaan musikal melalui pengalamanpengalaman bermain musik. Model pembelajaran musik kreatif ini tidak hanya mengandalkan aspek pemahaman teori seperti membaca notasi saja, melainkan mengadalkan pada aspek praktik musik melodi pendengaran dan berpikir kreatif dalam mencapai keberhasilan suatu proses belajar musik. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode ini digunakan untuk mengetahui efesiensi dan respon pembelajaran musik kreatif pada siswa kelas IV SDN 3 Jarakan Sewon Bantul. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 13 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran musik kreatif ini efisien dilakukan pada siswa kelas IV SDN 3 Jarakan Sewon Bantul. Selain itu juga didapatkan bahwa respon siswa setelah mendapatkan pembelajaran musik kreatif ini mereka senang dan antusias terhadap pembelajaran ini.
Tidak tersedia versi lain