Tugas Akhir
PROSES PEMBELAJARAN KELAS MUSIK BIOLA TINGKAT SATU SECONDARY SCHOOL DI BINA BANGSA SCHOOL MALANG JAWA TIMUR
Bina Bangsa School adalah salah satu sekolah internasional yang ada di Indonesia
dan telah membuka beberapa cabang salah satunya di Malang Jawa Timur.
Bahasa pengantar utama di sekolah ini adalah bahasa Inggris. Musik pada
umumnya menjadi pelajaran ekstrakurikuler di sekolah umum, namun Bina
Bangsa School telah menjadikan musik sebagai pelajaran intrakurikuler. Hal ini
dimungkinkan karena setiap siswa wajib mengikuti kelas musik dan dalam kelas
musik terdiri dari 8 – 10 murid. Salah satu instrumen musik yang diajarkan adalah
biola yaitu alat musik chordophone yang sumber bunyinya adalah dawai atau
senar yang ditegangkan. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini akan
mengupas pendekatan konsep pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran
kelas musik di Bina Bangsa School Malang Jawa Timur dan proses pembelajaran
kelas musik biola di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran kelas musik di Bina Bangsa School Malang mengkombinasikan
beberapa unsur dari pendekatan konsep pembelajaran musik dari Dalcroze,
Kodály, Orff dan Suzuki. Sementara itu aktifitas belajar dalam satu jam pelajaran
pada kelas biola menggunakan beberapa metode untuk penyampaiannya, yaitu
metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, drilling (pengulangan secara intensif),
mencatat dan menggunakan iringan. Langkah – langkah proses pembelajaran
biolanya dimulai dari penyeteman (tuning), latihan memegang biola dan Bow
(hanya diawal pertemuan), pemanasan, dan membaca materi lagu dari buku
Essential Elements For String karya John Higgins. Hasil akhir dari pembelajaran
musik ini adalah berupa pementasan dalam bentuk orkestra yang diadakan 2
sampai 3 kali dalam satu tahun dan setiap tahun diadakan konser gabungan antar
cabang Bina Bangsa School seluruh Indonesia.
Tidak tersedia versi lain