Tugas Akhir
PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTIS BERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDA YOGYAKARTA TAHUN 2016
Gangguan autistik, merupakan suatu bentuk kelainan mental. Penyebabnya
masih belum diketemukan. Gangguan yang terjadi hingga mencapai 2 dari 5 kasus
setiap 10.000 anak usia di bawah 12 tahun. Sementara ini obat yang dipakai untuk
menyembuhkan adalah melalui proses terapi dengan tujuan mengurangi permasalahan
atau penyakit yang diderita. Jenis terapi di seluruh dunia berjumlah ratusan bahkan
ribuan dengan metode yang berbeda-beda pula. Salah satu terapi yang diterapkan untuk
penyembuhan adalah menggunakan media musik. Berdasarkan observasi di beberapa
sekolah khusus autis, banyak yang sudah menerapkan metode tersebut, salah satunya
dan yang menjadi tempat penelitian penulis yaitu di Sekolah Permata Ananda
Yogyakarta. Fokus penelitian ini berkaitan dengan jenis terapi musik dan peran musik
dalam terapi tersebut. Hasil pengamatan dan observasi partisipatif di lapangan
menunjukkan bahwa musik digunakan sebagai sarana memperkuat ingatan
(reinforcement) melalui proses pengulangan lagu sederhana. Terapi musik yang
diterapkan memberikan kesempatan kepada anak autis untuk lebih berani terbuka dan
percaya diri dengan bernyanyi solo. Musik juga membantu meningkatkan kepekaan
ritmik melalui permainan gelas yang bersifat perkusif. Bentuk lagu sederhana, one part
song form dengan figur yang mudah ditiru atau diikuti memberikan peluang lebih besar
untuk memperkuat daya ingat, meningkatkan fokus dan membantu perkembangan
bahasa.
Tidak tersedia versi lain