Tugas Akhir
PROSES BELAJAR PIANO MENGGUNAKAN METODE NOT BALOK TUNGGAL DAN METODE NOT BALOK INTERVAL PADA ANAK USIA 7-11 TAHUN
Karya tulis ini membahas tentang pengenalan not balok dalam belajar piano
menggunakan metode not balok tunggal dan metode not balok interval pada
kelompok anak usia 7-11 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode
pengenalan not balok dalam belajar piano yang mudah dipahami oleh anak usia 7-11
tahun. Selain itu juga sebagai acuan bagi pengajar piano untuk mempraktekkan
metode yang mudah dipahami oleh anak usia 7-11 dalam belajar piano. Data
penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Dalam penelitian yang
telah dilaksanakan, pengenalan metode not balok tunggal dan metode not balok
interval tidak menunjukkan perbedaan kesulitan pemahaman yang dialami oleh anak
usia 7-11 tahun. Hal ini dikarenakan kedua metode memiliki kekurangan dan
kelebihan yang hampir sama. Di mana keduanya memiliki materi yang hampir sama
sesuai dengan tingkat kemampuan dasar peserta didik dalam hal memahami suatu
materi. Pada pengenalan not balok dalam belajar piano, pada umumnya guru nantinya
lebih menekankan metode praktek dan demonstrasi pada peserta didik dalam
pelakssanaannya.
Tidak tersedia versi lain