Tugas Akhir
PEMBELAJARAN REKORDER UNTUK ANAK-ANAK DI SANGGAR MUSIK NAFS-I-GIRA YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pembelajaran rekorder untuk anak-anak di
Sanggar Musik Nafs-i-gira Yogyakarta. Rekorder adalah salah satu alat musik
tiup yang paling tua yang pernah ada dan dimainkan di Inggris sejak abad ke-11.
Tidak banyak yang tahu tentang ini dalam beberapa tahun terakhir tapi
kepopuleran, d iantara alat-alat musik lain, sudah diakui baik di abad ke-16
tertulis bahwa Henry VII memainkan keduanya flute dan rekorder dan dikenal
memiliki banyak instrumen musik, khususnya kedua alat musik tersebut.
Penelitian ini menggunakan deskriptif melalui teknik observasi terbatas. Dari
penelitian ini diperoleh pengetahuan bahwa nama Sanggar Musik Nafs-i-gira
diambil dari kata Arab dialek Pakistan yang berarti pencerahan yang menjadi latar
belakang pencerahan dan semangat dalam komunitas ini. Sanggar Nafs-i-gira
adalah komunitas berbasis musik yang berupaya memanfaatkan musik sebagai
sarana kreatif untuk mencerahkan masyarakat melalui pendidikan dan
pertunjukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses belajar di sanggar ini
tidak memiliki standar tertentu karena tidak menerapkan sitem evaluasi ujian
kenaikan tingkat. Dari aspek materi belajar lagu-lagu yang digunakan cukup kaya
namun belum memperhatikan kesesuaiannya dengan level SMP dan SMA.
Kata Kunci
Tidak tersedia versi lain