Tugas Akhir
METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIK PADA ANAK USIA 7-10 TAHUN DI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKA YOGYAKARTA
Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta pada tahun 2016 memiliki
kurang lebih 15 guru piano klasik dengan jumlah siswa piano klasik usia 7-10
tahun kurang lebih 190 siswa. Jumlah yang sangat signifikan antara guru dan
siswa maka terdapat kendala yang dialami oleh guru dalam mengajar. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode yang
menggunakan beberapa langkah yaitu melalui tahap pengumpulan data, observasi,
pengumpulan data, wawancara, dan studi pustaka.
Di Sekolah Musik Puwacaraka Yogyakarta menggunakan beberapa
metode pembelajaran piano klasik antara lain metode ceramah, metode pemberian
tugas, metode demonstrasi, metode latihan, dan metode tanya jawab. Pada saat
proses belajar mengajar di dalam kelas pada tingkat yang berbeda yaitu tingkat
pemula B guru menggunakan metode tanya jawab, ceramah, demonstrasi, latihan,
dan pemberian tugas. Pada tingkat 1A guru menggunakan metode ceramah,
demonstrasi, pemberian tugas, dan latihan.
Dalam proses pembelajaran tersebut terjadi beberapa kendala antara lain
siswa kurang latihan di rumah sehingga ketika pertemuan berikutnya siswa tidak
dapat memainkan dengan lancar. Guru harus mengulang kembali materi tersebut.
Siswa kurang mendapat dukungan dari orang tua untuk latihan di rumah. Solusi
untuk masalah tersebut yaitu guru dan orang tua hendaknya berkomunikasi
dengan baik agar orang tua tahu kekurangan siswa dan dapat memantau latihan
siswa di rumah. Orang tua disarankan untuk selalu mengikuti perkembangan
belajar siswa dan mendukung siswa agar semangat untuk latihan.
Tidak tersedia versi lain