Tugas Akhir
Tipografi Uang Kertas Darurat Uang Republik Indonesia Propinsi Sumatera (URIPS) Emisi Bukittinggi Tahun 1947-1949
Penelitian Disain Komunikasi Visual ini membahas aspek tipografi pada uang kertas darurat Uang Republik Indonesia Propinsi Sumatera (URIPS) emisi Bukittinggi tahun 1947-1949. Tipografi menjadi salah satu elemen utama dan mendominasi dalam struktur disain uang kertas URIPS. Suatu sikap estetik yang unik disaat perancangnya Usman Kagami berlatarbelakang seniman fine art, memilih tipografi sebagai seni yang memperhatikan prinsip keakuratan, ketelitian dan keterukuran untuk mencapai keindahan, dalam mencipta. Di periode ini pula dalam sejarah uang kertas di Indonesia tipografi memperoleh tempat yang khusus.
Fokus penelitian ini mengungkap peran tipografi dari aspek formalistik, gaya disain tipografi, serta makna yang direpresentasikan dari tipografi pada uang kertas URIPS saat itu. Serangkaian teori dari analisis tipografi, elemen tata rupa, gaya dan representasi digunakan untuk menjelaskannya. Berpijak pada pendekatan disain dan sejarah dengan metode penelitian kualitatif berdasarkan studi kasus.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tipografi berfungsi sebagai guideline of message – pedoman untuk mengatur cara dan pola penyampaian pesan melalui karya uang kertas. Kecendrungan visual uang kertas URIPS mengarah pada gaya dekoratif dan tipografi bergaya dimensional. Dua kecenderungan gaya inilah yang dipadukan menyusun struktur disain uang kertas URIPS. Mendominasinya tipografi pada uang kertas URIPS mengisyaratkan pada makna tipografi sebagai upaya merepresentasi budaya tutur (oral tradition). Budaya tutur dicermati dari banyaknya keterangan (teks) yang dimuat pada uang kertas URIPS.
Tidak tersedia versi lain