Tugas Akhir
Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta
Pendidikan musik dipercaya dapat digunakan untuk mendidik dan membentuk karakter
siswa. Melihat pentingnya pendidikan musik pada kehidupan manusia, maka sudah
sepantasnya kalau siswa mendapatkan pendidikan musik yang baik dan benar. Metode Suzuki
merupakan metode pembelajaran musik moderen yang dikembangkan oleh seorang ahli
pendidikan musik Jepang yang bernama Shinichi Suzuki. Metode ini sangat populer dan
mudah diterapkan. Oleh karena itu, metode ini digunakan untuk pembelajaran ekstrakulikuler
biola di SD Teruna Bangsa. Guru memilih menerapkan Metode Suzuki karena metode ini
mudah dipahami dan dilaksanakan. Pembelajaran biola bagi anak-anak ekstrakurikuler biola
di SD Teruna Bangsa Yogyakarta menggunakan repetoar lagu anak Indonesia untuk
memperkaya materi dalam Metode Suzuki tersebut. Untuk lagu anak Indonesia dipilih
sebagai media, karena sudah sangat dekat dengan anak-anak Indonesia yaitu Lagu Kasih Ibu.
Melalui lagu-lagu anak tersebut anak akan belajar untuk mengenal dan meresapkan dalam
hati sehingga akan terbawa dalam semangatnya. ketertarikan siswa tersebut akan
menumbuhkan minat dan peran serta siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan media
pembelajaran tersebut kiranya dapat ditunjang dengan penggunaan metode pembelajaran
yang tepat dan bervariasi, sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses
pembelajaran yang sedang berlangsung. Diharapkan dapat menarik minat anak-anak untuk
belajar biola dan berdampak pada peningkatan kemampuan siswa dalam belajar biola. Siswa
yang belajar menggunakan Metode Suzuki juga cepat dalam menerima dan memahami materi
yang diberikan oleh guru.
Tidak tersedia versi lain