Tugas Akhir
Pembelajaran Musik Pada Siswa Kelas V Di SD Joannes Bosco Yogyakarta
Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan siswa ataupun dengan guru yang dilakukan untuk memperoleh perubahan tingkah laku dari sesuatu yang tidak bisa menjadi bisa. Di Indonesia pembelajaran di sekolah mengacu pada kurikulum yang telah ditentukan oleh pemerintah. Saat ini kurikulum yang diterapkan di sekolah ialah kurikulum 2013. Namun guru pengampu pelajaran seni musik di SD Joannes Bosco Yogyakarta mengajar menggunakan buku dengan kurikulum 2006 atau kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran musik pada siswa di SD Joannes Bosco Yogyakarta, khususnya kelas V interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengamati kegiatan pembelajaran di dalam kelas serta menuangkan segala kegiatan kedalam uraian naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran seni musik sering tidak berjalan sesuai alokasi waktu yang telah ditentukan. Sehingga penyampaian materi menjadi kurang maksimal. Dalam pelaksanaan pembelajaran pengampu tidak memakai rencana pelaksanaan pembelajaran, sehingga pemberian materi pembelajaran kurang terencana dengan baik. Pembelajaran musik yang bersifat praktik berjalan kurang maksimal, karena siswa tidak diberikan teknik memainkan instrumen musik secara dasar. Teknik pengambilan nilai yang digunakan oleh guru ialah melalui ujian tertulis dan praktik memainkan instrumen pianika.
Tidak tersedia versi lain