Tugas Akhir
Aspek Persepsi dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi dengan Perspektif Psikologi
Kebanyakan kecelakaan yang terjadi dewasa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor,
yaitu kelalaian pengendara, tidak konsentrasinya pengendara saat berkendara, dan
melakukan hal yang tidak wajar saat berkendara. Untuk meminimalkan terjadinya
kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak lagi, salah satu
langkah konkret yang dilakukan pihak Kepolisian adalah dengan dibuatnya iklan
sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan emosi pemirsa terhadap foto
iklan layanan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.
Adapun sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, untuk
kemudian dianalisis menggunakan teori kritik seni, persepsi, dan emosi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa semakin artistik dan semakin menarik foto
yang dibuat, maka pesan yang disampaikan fotografer dapat terbaca dengan jelas.
Jenis visual yang yang memperlihatkan dampak langsung akibat kurangnya
kesadaran saat berkendara akan membuat responden lebih berhati-hati saat
berkendara. Selain itu, ketiga foto yang disajikan dapat menyentuh emosi
responden. Hal ini dapat dikatakan bahwa pesan dan informasi yang dibuat oleh
fotografer dapat tersampaikan dengan baik.
Tidak tersedia versi lain