Tugas Akhir
Analisis Naratif Iklan Layanan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Tentang Pemilu Presiden Tahun 2014
Penelitian “Analisis Naratif Iklan Layanan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum Tentang Pemilu Presiden 2014” ini bertujuan untuk mengetahui Pemilu Presiden 2014 dicitrakan oleh Komisi Pemilihan Umum melalui bentuk-bentuk naratif yang dianalisis dari seluruh Iklan Layanan Masyarakat tentang Pemilu Presiden 2014 produksi Komisi Pemilihan Umum. Penelitian ini menggunakan teori naratif dari Bordwell-Thompson yang melihat elemen naratif terdiri dari plot dan cerita, kausalitas, ruang, waktu serta narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemilu Presiden 2014 dicitrakan dalam Iklan Layanan Masyarakat yang diproduksi Komisi Pemilihan Umum sebagai peristiwa pesta demokrasi yang rutin dilaksanakan, resmi dan serius. Citra Pemilu Presiden seperti ini ditujukan untuk masyarakat yang responsif dan partisipasif dan tidak untuk masyarkat yang skeptis dan apatis. Lebih lanjut lagi, citra Pemilu Presiden seperti ini ternyata tidak berhasil meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum malah menurunkannya. Oleh karena itu, citra Pemilu Presiden seperti ini berpotensi menjadi stereotype yang membosankan bagi masyarakat. Perlu pencitraan yang lebih segar lagi dalam iklan layanan masyarakat Pemilu Presiden yang akan datang.
Tidak tersedia versi lain