Tugas Akhir
Perancangan Animasi Sebagai Media Komunikasi Ombudsman Republik Indonesia ORI Studi Kasus Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Sudah sepatutnya sebuah lembaga baik swasta, perseorangan, ataupun
pemerintah memberikan sebuah pelayanan publik yang baik untuk masyarakat. Hal
itu dikarenakan untuk memajukan mutu pelayanan dan memberikan kepuasan,
keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, budaya birokrasi di Indonesia yang
telah berubah mengakibatkan beberapa masyarakat lebih memilih jalan pintas untuk
melakukan tindakan yang melanggar hukum. Hal tersebut akan menghalangi
terciptanya pemerintahan di Indonesia yang efektif, efisien, jujur, terbuka, bersih,
serta bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Tindakan-tindakan melanggar
hukum tersebut dikenal masyarakat dengan nama maladministrasi.
Tugas Ombudsman Republik Indonesia adalah mengawasi penyelenggaraan
pelayanan publik, menerima laporan, melakukan investigasi dan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan maladministrasi, sebagaimana ditulis dalam Undang-
Undang No. 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia.
Siapapun yang merasa dirugikan atas pemberian pelayanan publik oleh
penyelenggara negara dapat melaporkan ke Ombudsman Republik Indonesia yang
ada di setiap daerahnya. Namun, tidak setiap orang mengenal dan memahami tentang
Ombudsman Republik Indonesia. Oleh karena itu dibutuhkan suatu perancangan
media komunikasi untuk mengenalkan Ombudsman Republik Indonesia kepada
masyarakat, khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga fungsi Ombudsman
Republik Indonesia dapat terlaksana dengan baik.
Tidak tersedia versi lain