Tugas Akhir
Peran Metode Kodaly dalam Meningkatkan Kemampuan Menebak Nada Pada Anak Kelas V di Sd Kanisius Wates
Kemampuan bernyanyi dengan baik dapat diukur dari tingkat kepekaan dalam mendengarkan nada dan menyanyikan nada tersebut dengan pitch/bidikan nada yang tepat. Kemampuan mendengarkan nada dan menyanyikan nada dengan pitch yang tepat dapat ditingkatkan dengan cara melakukan latihan – latihan. Metode menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Metode Kodaly. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Metode Kodaly dalam meningkatkan kemampuan anak menebak nada. Metode Kodaly merupakan pendekatan pendidikan musik dengan menggunakan cara bernyanyi dan menggunakan simbol – simbol nada dengan gerakan tubuh . Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah penerapan Metode Kodaly dalam proses belajar menyanyi pada paduan suara selama 10 kali pertemuan, siswa SD Kanisius Wates sudah dapat menyanyi dengan lebih baik, dan dengan pitch yang benar dengan diterapkannya hand-signs. Respons positif dari para narasumber terhadap penerapan metode Kodaly adalah metode Kodaly sebagai metode yang baru untuk mereka, dan menjadikan proses pembelajaran paduan suara lebih menyenangkan dan mudah dipahami.
Tidak tersedia versi lain