Tugas Akhir
Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara Pernikahan di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Musik Gong
Untuk Upacara Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang
Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengamatan langsung dan
teknik wawancara langsung dengan beberapa narasumber yang kompeten.
Penelitian ini mengamati kegiatan Sanggar OMPE Harmoni meliputi proses
latihan, repertoar musik yang dimainkan, motivasi para anggota serta hambatan-
hambatan yang dihadapi oleh sanggar tersebut. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara
Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat
ada beberapa tahap yaitu; (1) Murid mengamati dan mendengarkan (2) Murid
mengingat pola melodi dan ritmik (3) Murid melafalkan alunan melodi dengan
siulan atau gumaman (4) Murid memainkan instrumen di rumahnya (5) Murid
memainkan di depan pengajar (6) Murid memainkan di depan khalayak ramai.
Kendala yang ditemui dapat dilihat sebagai faktor eksternal dan faktor internal.
Faktor eksternal adalah keadaan masyarakat yang cenderung meninggalkan musik
tradisi. Faktor internal adalah ukuran ruang, rasa percaya diri murid, sulitnya
pengajar untuk memberikan koreksi. serta murid yang tidak selalu memiliki
instrument musik gong.
Tidak tersedia versi lain