Tugas Akhir
Perancangan komunikasi visual city branding Kabupaten Batang 2014
Di era modern sekarang ini sangat mungkin terjadinya persaingan antar daerah.
Seperti halnya beberapa kota yang ada di Indonesia yang saling berlomba-lomba untuk
mengembangkan wilayah sebagai destinasi yang dapat meningkatkan pendapatan daerah.
Maka hal tersebut menjadi sebuah cambuk untuk Kabupaten Batang sendiri supaya
menjadi kota destinasi yang menawarkan kekayaan yang dimiliki. Dari dasar tersebut
maka dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengangkat posisioning dalam
sebuah perancangan
city branding
dari Kabupaten Batang, Jawa tengah, Indonesia. Dari
perancangan tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah ide yang dapat menyajikan
keunikan dan juga kekayaan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Batang.
Potensi alam dan kuliner Kabupaten batang menjadi salah satu cara
menyampaikan pesan yang disajikan dalam nuansa klasik nusantara dan natural. Unsur
klasik tersebut merupakan pendekatan utama dalam menyampaikan pesan yang akhirnya
nanti diintegrasikan kepada media. Dari gaya desain tersebut akan diselaraskan dengan
konsep modern yang elegan tapa mengurangi nuansa tradisionalnya, sehingga diharapkan
memiliki daya tarik dan daya saing yang tinggi dengan
city branding
yang lain.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa dalam perancangan
city branding
ini
digunakan pendekatan potensi alam dan kuliner yang merupakan salah satu aset yang
menarik perhatian masyarakat. Dengan pendekatan klasik nusantara diharapkan dapat
menjadi branding yang memiliki daya saing tinggi dengan daerah lain.
Tidak tersedia versi lain