Tugas Akhir
Goresan anak-anak sebagai ide penciptaan karya seni lukis
Kenangan pada masa kanak-kanak seringkali muncul mengganggu pikiran,
bahkan terkadang menjadi tekanan didalam batin. Ada semacam kerinduan
didalam diri tentang permainan pada masa lalu, dalam hal ini berkaitan dengan
permainan psikomotorik yang imajinatif yaitu permainan menggores, mencoret-
coret atau menggaris pada sebuah bidang. Menyadari bahwa tidak mungkin
kembali lagi pada masa itu, maka salah satu cara penyelesaikan pesoalan
kerinduan pada masa lalu adalah dengan cara bermain-main lagi dengan goresan
seperti pada masa kanak-kanak tersebut.
Goresan anak-anak yang selama ini dianggap hal yang biasa saja karena
bentuk atau goresannya yang sederhana ternyata ketika diaplikasikan kedalam
sebuah karya seni lukis sangatlah menarik, ini dikarenakan sifat goresan anak-
anak yang spontan, lugu dan eksperimental sehingga menghadirkan hal-hal yang
tidak terpikirkan sebelumnya.
Goresan anak-anak ini kemudian dipakai sebagai tema dalam tugas akhir
ini dengan cara mengeksplorasi kembali keragaman goresan anak-anak sehingga dapat menyampaikan isi pikiran maupun perasan yang terkandung didalam batin
sehingga menjadi sarana terapi psikologis dalam menghadapi persoalan dewasa
ini yang semakin komplit.
Lukisan diciptakan dengan cara menggerak-gerakan garis seperti pada
masa kanak-kanak sehingga menghadirkan bentuk sederhana yang disebabkan
adanya perbedaan intensitas dalam menggaris atau mencorat-coret meskipun
terkadang adakalanya goresan itu terlihat hanya sebagai goresan yang artistik
Tidak tersedia versi lain