Tugas Akhir
Perancangan iklan layanan masyarakat sebagai kampanye pelestarian bahasa jawa kota yogyakarta melalui desain komunikasi visual
Penggunaan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu bagi masyarakat Jawa Timur,
Jawa Tengah, khusunya di Yogyakarta secara dini harus dilestarikan agar
keberadaannya selalu terjaga dan terhindar dari kepunahan. Kurangnya perhatian
dari orangtua terhadap pendidikan bahasa Jawa di lingkungan keluarga harus
ditingkatkan. Upaya pelestarian bahasa Jawa di lingkungan sekolah juga memang
perlu disosialisasikan, mengingat saat ini ada gejala yang menunjukkan bahwa
bahasa jawa akan ditinggalkan oleh penuturnya, terutama generasi muda di kota
Yogyakarta. Gejala tersebut bisa terlihat bahwa sudah jarang sekali generasi muda
sebagai pewaris budaya jawa yang memiliki kemampuan berbahasa (Jawa) secara
memadai. Mereka pada umumnya "lari" menggunakan bahasa Indonesia sebagai
kompensasinya.
Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Kampanye Sosial ini
menggunakan metode pengumpulan data dengan kuisioner dan wawancara. Hasil
dari metode tersebut nantinya akan memberikan dampak dan berlanjut pada
aktivitas target audience. Kemudian dari data-data yang telah didapat dan akan
memecahkan masalah komunikasi pesan dalam Iklan Layanan Masyarakat ini
secara komunikatif, efisien, dan estetis.
Melalui perancangan ini, dapat membuka wawasan bagaimana
mendekatkan diri dan mempelajari perilaku dari Target Audience yang ada di
Kota Yogyakarta. Target Audience dijadikan sumber utama dalam melakukan
analisis untuk mewujudkan konsep media dan konsep kreatif dari media- media
kampanye yang nantinya akan digunakan. Sehingga media- media yang terpilih
dapat bersinergi dengan gaya hidup dan keseharian Target Audience.
Perancangan kampanye sosial ini diharapkan dapat memberi alternatif
pendekatan Iklan Layanan Masyarakat terutama masalah pelestarian bahasa Jawa
kota Yogyakarta. Dengan adanya perancangan ini masyarakat diajak untuk
berpikir dalam mencerna pesan yang disampaikan melalui cara yang berbeda yaitu
memanfaatkan berbagai sisi dalam kehidupan yang ada dibenak masyarakat
khususnya generasi muda jaman sekarang (insight). Pemakaian insight akan
memudahkan target audience untuk mencerna pesan karena mereka bisa melihat
diri mereka sendiri dalam pesan yang disampaikan lewat media-media yang
digunkaan dalam bersosialisasi.
Tidak tersedia versi lain