Tugas Akhir
Perancangan Wayang Golek Anak Sebagai Media Pengembangan Seni Budaya dan Keterampilan serta Kepribadian Siswa Sekolah Dasar
Perancangan ini merupakan langkah awal dalam upaya penggalian dan pengembangan potensi yang dimiliki oleh pertunjukkan wayang golek tradisi. Keunikan gerak wayang merupakan salah satu faktor pokok yang mendukung penciptaan bentuk atau format pertunjukkan wayang boneka, khususnya untuk anak usia sekolah dasar, tidak hanya untuk anak laki-laki tetapi juga anak perempuan. Wayang ini berbeda dengan bentuk wayang golek pada umumnya, karena wayang inin dapat dimainkan secara mandiri sebagai sebuah permainan atau secara berkelompok sebagai sebuah pertunjukan, hal ini memungkinkan meraka untuk belajar bekerja sama, percaya diri, bertanggung jawab, saling menghargai dan tidak sombong. Sesuai dengan karateristik topik penelitian yang diajukan, maka jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif. Langkah berikut adalah pengumpulan data dengan menggunakan teknik partisipasi terlibat dan wawancara mendalam. Data yang dikumpulkan kemudian di analisa dengan tahap open coding, axial coding dan selective coding, dengan memanfaatkan model interaktif yaitu proses reduksi data, pemaparan data dan simpulan melalui pelukisan dan verifikasi, Proses perancangan melalui tahap eksplorasi, improvisasi dan pembentukan.
Tidak tersedia versi lain