Tugas Akhir
Perancangan Buku Bacaan Bergambar Tentang Gempa Dan Tsunami Di Indonesia Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar
Selama proses merancang buku bacaan bergambar tentang gempa dan tsunami untuk anak-anak Sekolah Dasar, baik dari pengumpulan data hingga tahap final desain, ditemukan beberapa kesimpulan antara lain:
Anak, sebagai target sasaran, tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Mereka mempunyai imajinasi yang lebih tinggi, polos, dan menerima informasi secara apa adanya. Anak dapat diberikan berbagai macam materi bacaan, bahkan mereka mampu mengingat dan meniru dengan baik apa yang didapat secara verbal maupun visual. Kemampuan inilah yang perlu dicermati kembali supaya menemukan cara yang tepat dalam menyampaikan informasi kepada anak.
Anak dari seluruh lapisan masyarakat butuh buku bacaan. Namun kecenderungan ekonomi pada anak di lapisan menengah kebawah membuat mereka harus merelakan kebutuhan untuk membaca dengan kebutuhan bertahan hidup yang lebih penting. Demi meningkatkan taraf hidup anak, buku bacaan bergambar ini tidak diperjualbelikan, sehingga anak dapat meminjam atau membacanya tanpa harus terkendala masalah biaya. Sehingga penyampaian informasi dapat dengan efektif dan efisien kepada anak.
Tidak tersedia versi lain