Tugas Akhir
Perancangan maskot PT KAI Persero sebagai jembatan komunikasi ideal kepada pengguna jasa layanan kereta
Dalam dunia periklanan dan desain komunikasi visual keberadaan maskot seringkali hanya dijadikan sebagai media alternatif dalam penyampaian pesan atau alternatif cara mengenalkan produk kepada konsumen. Maskot hanya sekedar penggembira dalam sebuah rangkaian kegiatan dan bukanlah tenpat untuk meletakkan informasi yang bisa mencapai tahapan untuk "menjual" dan secara keilmuan belum ada pembahasan secara khusus tentang maskot di tanah air. Berdasarkan kecenderungan tersebut, perancangan ini bertujuan untuk menjembatani komunikasi ideal kepada pengguna jasa layanan kereta, sedangkan pemilihan PT KAI Persero sebagai bahan penelitian dikarenakan kekuatannya sebagai perusahaan transportasi. Proses perancangan menggunakan kajian ilmu desain komunikasi visual yang dikembangkan dengan teori Gestalt oleh Max Wertheimer, Wolfgang Kohler dan Kurt Koffka, ditunjang dengan teori-teori yang didapatkan dari proses pemikiran dengan konsep berpikir "triadik". Perancangan ini diharapkan bisa menjadi bahan acuan pembelajaran media penyebarluasan pengetahuan, membentuk gagasan bagi semua kalangan yang bergerak di dunia kreatif terutama desiner komunikasi visual untuk berproses dalam menciptakan sebuah maskot yang ditujukan untuk membangun jembatan komunikasi dengan target pasar yang dituju.
Tidak tersedia versi lain