Tugas Akhir
City Branding Kotagede
Kotagede merupakan salah satu kota di Jawa yang menggunakan prinsip dasar dari filosofi "Catur Gatra Tunggal" yang merupakan penggabungan empat komponen menjadi satu kesatuan. Filosofi tersebut merupakan konsep tata ruang yang dibangun Pangeran Senopati ketika membangun Mataram Islam. Catra Gatra Tunggal terdiri dari : keraton (pusat kekuasaan), alun-alun (pusat ritual adat masyarakat), masjid (pusat peribadatan), pasar (pusat perdagangan) yang menjadi satu dalam satu kawasan. Kotagede memiliki potensi-potensi heritage dan bertahan turun-temurun hingga saat ini. City brand Kotagede dibangun melalui pendekatan personal branding berdsarkan karakteristik target audience sehingga diperoleh wawasan konsumen (consumer insight).
Perancangan city branding Kotagede merupakan strategi komunikasi dengan mendekatkan potensi-potensi heritage, secara soft sell berupa ide cerita ssocial video untuk mengkomunikasikan potensi-potensi Kotagede dan menanamkan citra atau image Kotagede yang akrab dan hangat. manfaat yang diberikan adalah kedamaian, tenang, kenyamanan, santai dan kebebasan ketika berada di Kotagede.
Tidak tersedia versi lain