Tugas Akhir
Kajian Perkembangan Desain Toyota Kijang
Kijang adalah kendaraan niaga dan keluarga yang populer di Indonesia. Selama 34 tahun diproduksi, Kijang telah mengalami perkembangan desain, fungsi, teknologi, varian, kelas, konsep dan segmen konsumen. Perkembangan-perkembangan tersebut merupakan fenomena menarik untuk dipelajari, yang menjadikan Kijang memiliki sesuatu yang khas dibandingkan produk konpetitor sehingga mampu bertahan sampai sekarang. Kijang merupakan kendaraan nasional karya putra-putri Indonesia yang masih diproduksi sampai saat ini yang mampu bersaing di pasar global.
Penelitian ini bentuk deskripsi analitik yang bertujuan menggambarkan sifat-sifat produk Kijang, untuk menganalisis perkembangan desain Kijang. Penggunaan pendekatan tinjauan historis karya desain untuk menyusun peta perkembangan desain produk Kijang dalam kurun waktu tertentu berdasarkan fenomena-fenomena perubahan yang melatarbelakanginya dalam lingkup disiplin ilmu desain.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Kijang mengalami perkembangan desain, meliputi gaya, konsep, teknologi, jenis, kelas, dan segmen konsumen. Perkembangan-perkembangan tersebut disesuaikan dengan perkembangan jaman agar Kijang mampu memenuhi keinginan konsumen sehingga mampu bertahan, diterima pasar dan diproduksi hingga saat ini disaat produk pesaing berhenti produksi. Dari perkembangan tersebut dapat diketahui bagaimana produk dibuat, tinggi rendahnya tingkat kebudayaan serta tingkat penguasaan dan kandungan teknologi pada produk Kijang.
Hasil penelitian diharapkan bisa memberi masukan akan perkembangan desain Kijang selanjutnya sehingga ada penyegaran desain untuk generasi selanjutnya. Tulisan diharapkan bisa memberi wawasan dan informasi tentang perkembangan desain Kijang. Tulisan diharapkan bisa jadi referensi dan jadi dasar untuk penelitian selanjutnya.
Tidak tersedia versi lain