Tugas Akhir
Meraba Ingatan Puzzle Sebagai Analogi Proses Kerja Otak Dalam Penciptaan Karya Seni Rupa
"Ingatan merupakan proses pencerapan pengalaman yang secara signifikan mampu mengalami kepudaran/pembiasan akibat dari penurunan daya fungsi otak yang dimliki. Ini tentu saja merupakan permasalahan yang sangat serius dalam kehidupan manusia, meskipun dalam proses biologis secara alamiah perubahan tersebut akan terjadi dan tidak dapat dihindari. Sebagian orang akan merasa sangat takut menghadapi perubahan tersebut, namun yang menjadi perhatian adalah bagaimana melakukan penundaan terhadap proses penurunan daya ingat itu sendiri.Saya mencoba menelaah dan mengangkat situasi ini melalui karya seni rupa sebagai salah satu jalan keluar dalam mengatasi ketakutan dan sebagai media terapi dalam melatih kepekaan otak. Presentasi media terapi psikologi tersebut diejawantahkan melalui puzzle sebagai media analogi antara proses kerja otak, daya ingat, pengalaman masa lalu dan kerja kreatif. Hasilnya, karya-karya yang lahir dari perenungan kreatif tersebut diperkaya dengan berbagai variasi karakter puzzle yang dipresentasikan melalui karya dua dimensional dengan pola relief, karya interaktif tiga dimensional hingga video art. Pada penciptaan ini saya menggunakan metoda penciptaan seni menurut L.H. Chapman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: tahapan mencari ide/ilham (inception of an idea), menyempurnakan dan mengembangkan gagasan awal/ide (elaboration and refinement), dan visualisasi ke dalam medium (Heention in a medium). Sebagai media untuk mencatat ingatan-ingatan dari pengalaman masa lalu yang dikolaborasikan dengan perenungan masa kini. Rakitan puzzle dalam Tugas Akhir Pascasarjana ini sebagai wujud kreativitas penciptaan melalui semangat eksplorasi medium dan intermedia dengan spirit lokalitas budaya dan masa lalu akan memperkaya pengembangan estetika dunia seni rupa kontemporer indonesia."
Tidak tersedia versi lain