Tugas Akhir
Efektivitas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Pembelajaran Seni Musik Pada SMP Negeri 4 Ambon Maluku
Kurikulum Di Indonesia di nilai terlalu kompleks di bandingkan dengan kurikulum yang ada dibeberapa Negara maju, sehingga beban siswa dalam belajar semakin berat. Atas dasar inilah di perlukan KTSP, kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan oleh sekolah. Dalam penelitian ini akan membahas kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan KTSP di SMP N 4 Ambon, upaya guru dalam melaksankan KTSP dan menyumbangkan pikiran dalam pembelajaran musik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, wawancara dan diskusi terpadu. Hasil penelitian menunjukkan kendala yang ditemui dalam penerapan KTSP pembelajaran seni musik, kendala siswa dalam mengaransir lagu, guru masih menggunakan kelas umum pada saat praktek, alat musik belum memadai, alokasi waktu masih kurang dan tenaga guru untuk mengatasi kendala yang ada agar anak mudah mengaransir lagu maka menggunakan waktu diluar jam sekolah dan melalui lagu sederhana.
Tidak tersedia versi lain