Tugas Akhir
Penggunaan supers sebagai media persuasi pada penyutradaraan iklan layanan masyarakat "Untuk bumi yang lebih hijau"
Dalam tugas akhir ini disebutkan bahwa televisi selain sebagai media hiburan dan informasi juga dapat digunakan sebagai media pendidikan. Televisi menjadi media yang cukup efektif dalam menjalankan atau mensosialisasikan program. Dengan kata lain, televisi adalah media kampanye yang kuat dan sangat berpengaruh. Bentuk kampanye melalui media televisi adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Pesan ILM berupa ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau mengubah suatu kebiasaan atau perilaku masyarakat "yang tidak baik" supaya menjadi lebih baik dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan utama perancangan ILM adalah untuk mengajak masyarakat melakukan suatu tindakan yang dapat menyebabkan perubahan menuju sesuatu yang lebih baik atau ideal.
Salah satu unsur pembangun iklan adalah supers. Supers atau text on screen berfungsi sebagai penegasan persuasi dan dapat menjadi ciri suatu iklan. Iklan televisi yang menggunakan "substantive supers" lebih persuasif dibandingkan iklan televisi tanpa supers. ILM "Untuk bumi yang lebih hijau" menganjurkan seluruh masyarakat untuk berpartisipasi menyelamatkan lingkungan dengan cara mengurangi sampah rumah tangga untuk dimanfaatkan menjadi sesuatu yang baru yang ditampilkan dengan visualisasi adegan pemunculan supers sebagai media persuasi.
Tidak tersedia versi lain