Tugas Akhir
Strategi Pembelajaran Vokal untuk Mengantisipasi Demam Panggung pada Anak Usia 4-7 Tahun di Antonio School of Music Yogyakarta
Pengenalan lingkungan yang baru kepada anak membawa berbagai dampak,
salah satunya adalah rasa takut dan cemas yang muncul pada saat pementasan musik,
dalam bentuk demam panggung. Hal tersebut terjadi juga di lembaga musik Antonio
School of Music Yogyakarta. Penelitian ini akan mengupas strategi yang digunakan
untuk mengantisipasi demam panggung pada anak usia 4-7 tahun melalui kegiatan
bernyanyi, manfaat bernyanyi untuk pengendalian demam panggung, dan efektifitas
penggunaan strategi. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus pada perilaku anak dan upaya-upaya yang dilakukan agar
anak menjadi nyaman dan percaya diri saat berada di panggung. Penelusuran
terhadap dukungan emosional pada anak, penggunaan permainan pada saat belajar,
pemilihan lagu yang sesuai dengan rentang suara anak, dan penciptaan suasana yang
lebih familiar dengan keseharian anak merupakan sarana yang efektif untuk
mengantisipasi demam panggung
Tidak tersedia versi lain