Tugas Akhir
Kajian Ikonografi Disain Grafis Sampul Buletin "Brosur Lebaran" Kotagede Tahun 1976 - 2010
Terbitan ini pada dasarnya adalah media dakwah Islam Muhammadiyah di Kotagede, daerah bekas pusat pemerintahan kerajaan Mataram yang masih kental dengan budaya Jawa. Berkembangnya Muhammadiyah di Kotagede membawa warga Kotagede menjadi warga yang heterogen, sehingga pendekatan komunikasinya pun memerlukan strategi yang tepat, salah satunya dalam disain grafis sampul depan. Tertarik atau tidaknya calon pembaca turut dipengaruhi oleh disain sampulnya, sehingga pemaknaan disain grafis sampul menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Penggunaan metode kualitatif dengan pendekatan ikonografi dimaksudkan untuk mengetahui latar belakang disainer dan pengaruhnya terhadap disain sampul, sehingga diharapkan diperoleh kedalaman makna. Dalam penelitian, diambil empat sampel berdasarkan konsep visualisasinya, yaitu Islam Muhammadiyah, Islam non-Muhammadiyah, budaya Kotagede, dan non-Kotagede. Status kependudukan para disainer sebagai bagian dari warga Kotagede sangat berpengaruh dalam penyampaian gambaran isi kepada calon pembaca yaitu warga Kotagede sendiri. Keempat konsep visualisasi sampul mampu menyampaikan tiga fungsi produk disain komunikasi visual, yaitu fungsi informasi, persuasi, dan identifikasi. Terpenuhinya ketiga fungsi tersebut turut mendukung eksistensi Brosur Lebaran sebagai media dakwah di Kotagede selama kurun waktu tersebut dan di masa mendatang
Tidak tersedia versi lain