Tugas Akhir
Pembelajaran Musik Kreatif Di SD Bangunharjo Sewon Bantul
Pembelajaran musik kreatif merupakan model pembelajaran musik yang didasarkan pada aspek kreatif seorang siswa terhadap kepekaan musikal melalui pengalaman-pengalaman bermain musik. Model pembelajaran musik kreatif ini lebih mengutamakan pada aspek praktik musik melalui pendengaran, melihat, mempraktikkan dan berfikir kreatif dalam mencapai suatu proses belajar musik. Hal ini dapat sejalan dengan kondisi anak sekolah dasar yang lebih mudah untuk mempraktikkan sesuatu hal yang diperagakan oleh guru. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode ini digunakan untuk mengetahui efesiensi dan respons pembelajaran musik kreatif sebagai langkah awal pengenalan bermain musik di SD Bangunharjo Sewon Bantul. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah duabelas orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan setelah penelitian ini dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran musik kreatif ini efesien sebagai langkah awal pengenalan bermain musik dilakukan pada anak sekolah dasar kelas V di SD Bangunharjo Sewon Bantul. Selain itu juga didapatkan bahwa respons anak kelas V setelah mendapatkan pembelajaran musik kreatif ini adalah mereka senang dan antusias terhadap pembelajaran ini.
Tidak tersedia versi lain