Pemaknaan seni selalu berubah dan seni tidak mengenal pemaknaan yang baku karena proses pemaknaannya selalu melewati suatu proses penafsiran bergantung pada kondisi sosio psikologis sipemberi makna. Proses pemaknaan dalam epistemologi seni bukanlah upaya mengapresiasi maksud kreator seni dalam sebuah karya seni, tetapi upaya pemaknaan atau apresiasi penikmat seni atas sebuah karya seni. Filsafa…
Buku ini berisi mengenai proses penciptaan karya seni baik tahap penjelajahan, pengolahan, dan penyusunan. Dijelaskan pula mengenai karya dan lingkungan yang menyertainya yang berpengaruh terhadap karya-karya yang ada sperti pengaruh urban dalam masyarakat, pernan guru, pendidikan baik formasl dan non formal akan memberikan pengaruh terhadap hasil karya seni. Dalam buku ini juga dijelaskan men…
Sejarah perkembangan seni pertunjukan wayang wong di Yogyakarta merupakan suatu objek pembicaraan yang luas dan kompleks. Wayang wong di Yogyakarta terbentuk dari dalam lingkaran kraton yang kemudian menyebar luas ke masyarakat. Penataan busananya merupakan ekspresi jiwa yang mencerminkan suasanya lingkungannya, baik dalam segi filosofinya, etika, norma dan ketentuan-ketentuan laninnya. Komposi…
Agama Islam sebagai agama baru di abad XV berhasil melakukan internalisai di bidang agama maupun budaya pada masyarakat Jawa dengan cara damai. Agama ini mudah diterima masyarakat karena semua ajarannya bertumpu pada pencarian "sangkan paraning dumadi" & mendambakan "manunggaling kawula lan Gusti" seperti dalam prinsip hidup manusia Jawa. Upaya mengakomodasikan nilai-nilai Islam dengan budaya j…
Bagi masyarkat Banyumas, lengger merupakan serpihan tradisi yang tidak dapat hilang begitu saja, karena dianggap sebagai miliknya sebagai ciri khasnya / sebagai "cap" daerahnya, sehingga masih perlu dilesatarikan. Sebagian komunitasnya tetap merasa enggan berhubungan dengan sosok lengger, tetapi sebagian dari mereka tetap memerlukan kehadirannya dalam berbagai upacara & acara yang dianggap pent…
Kesenian kuntulan di desa Ngetel merupakan kesenian rakyat jenis slawatan yang dialakukan oleh alki-laki semua. Bentuknya adalah tarian berpasangan. Tema cerita yang dibawakan mengenai riwayat kehidupan Nabi Muhammad SAW yang ditekankan pada bagian kelahiran Nabi. Tema yang digunakan bersumber dari kitab Tuladha. Bentuk penyajiannya dilakukan oleh kurang lebih 30-40 orang diiringi dengan instr…
Tari golek maya-asmara lahir dari keprihatinan penulis karena akhir-akhir ini jarang terlihat komposisi-komposisi baru dalam tari tradisi yang mudah dipelajari secara singkat. Padahal kebanyakan anak muda enggan melihat sajian tarian yang memakan waktu lama dengan gerak yang diulang-ulang dan irama yang begitu lamban menurut mereka.
Kuntulan di Desa Ngetal merupakan kesenian rakyat jenis slawatan yang dilakukan oleh laki - laki semua. Bentuknya adalah tarian kelompok berpasangan. Tema cerita berasal dari kitab Tuladha mengenai riwayat kehidupan Nabi Muhammad SAW yang ditekankan pada kelahiran Nabi. Dalam penyajiannya dilakukan antara 30 - 40 penari dengan instrumen 3 buah rebana dan sebuah jidhor serta sekelompok vokal. Ta…
Dalam seni tari mempelajari improvisasi terhadap sesuatu sangat membantu kekuatan gerak dari para penari itu sehingga untuk menambah kekayaan perbendaharaan gerak maupun karakter wayang kulit untuk dikembangkan juga mendalam ukiran - ukirannya maupun warna yang telah ada. Karakter merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kehidupan di dalam seni tari maupun cabang seni yang lain. Di dalam …