Penelitian ini mengkaji dua masalah penting, yaitu (1) memahami penerapan gending Jula - Juli yang digunakan pada pertunjukan ludruk yang meliputi tari Ngrema, bedhayan, dagelan, adegan antar babak, dan lakon ludruk. (2) memahami pola garap instrumen dan makna teks kidungan dalam gending jula - juli. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gending jula - juli sangat mendominasi dal…
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui, memahami, dan menemukanletak korelasi antara gending dengan adegan dan tokoh wayang. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif identifikasi denganpendekatan dramaturgi pedalangan, ikonografi, dan musikologi.
Penelitian berjudul
Penelitian ini mengkaji 2 masalah penting, yatu : 1). memahami jenis-jenis informasi yang terkandung dalam kidungan dagelan ludruk dewasa ini ; 2). memahami jenis-jenis cengkok kidungan & bentuk-bentuk kidungan dalam dagelan ludruk. Data diperoleh dengan cara penelitian lapangan di daerah Mojokerto & sekitarnya. Untuk memperoleh data, ditempuh dengan cara pengamatan langsung & perekaman terhada…
Suling termasuk kelompok ricikan garap yang tidak sekedar meniup apa adanya sesuai dengan balungan gending, tetapi menggarap dengan cara menafsirkan balungan gending lewat vokabuler-vokabuler garapnya. Tujuan penelitian ini adalah : 1.) ingin mengetahui penyebab apa cengkok-cengkok sulingan gaya Jawa Timuran cenderung menggunakan nada-nada yang tinggi, 2.) ingin mengetahui teknik tentang tiupan…
Karawitan pakeliran gaya Jawa Timuran diperkirakan berasal dari Mojokerto karena pada waktu itu dalang-dalang yang tersebar diseluruh Jawa Timur sebagian besar muird Ki Candrawisastro dari Mojokerto.
Tujuan penelitian ingin mengetahui mengapa penyajian ludruk selalu diawali dengan tari grema dan dagelan (lawak), serta ingin mengetahui bagaimana bentuk kidungan dan isi kidungan dalam tari ngerema dan dagelan. Penelitian ini dilakukan diwilayah yang mengadakan pertunjukan sandiwara ludruk di daerah Mojokerto dan Surabaya, dalam penelitian ini banyak menggunakan wawancara sebaga alat pengamb…
Tabuhan bonang penerus merupakan salah satu ciri yang dapat membedakan antara suatu gaya karawitan, seperti perbadaan antara karawitan gaya Surakarta dan Yogyakarta dapat diamati dari tabuhan bonang penerusnya, demikian pula dari karawitan gaya Jawa Timuran juga tampak pada tabuhan bonang penerusnya, sebagaian besar tabuhan ricikan bonang penerusnya selalu menggunakan teknik ngembyang. Disampin…