Tari golek kenyaanuraga merupakan wujud tari tunggal putri yang konsep susunannya berdasar pada materi unsur putri, ragam putri & perbendaharaan tari putri lainnya. Tujuan penyajian ingin mewujudka…
Tujuan penulisan ini untuk mengetahui unsur-unsur gerak yang dipakai dalam beksan Premadi-Suryatmojo gaya Yogyakarta. Beksan Premadi-Suryaatmojo disusun sesuai dengan urutan yang berpatokan pada ta…
Beksan Janaka Cakil adalah salah satu jenis tari klasik gaya Yogyakarta. Tari ini berbentuk tari pasangan / duet yang dilakukan oleh 2 orang penari putra, yang menggambarkan peperangan antara tokoh…
Beksan Samba -Tambangwati bersumber pada Kagungan Dalem Serat Kandha lampahan Suprabawati. Beksan pethilan Suprabawati telah diciptakan sejak masa pemerintahan Sri Sultan HB VIII. Kemudian beksan i…
Tari Kelana Topeng Sewandana menggunakan ragam pokok kalang kinantang. Selanjutnya motif-motif gerak lain diwarnai dengan gerak muryani busana & beberapa motif gerak lainnya. Tari Kelana Topeng Sew…
Tari Retna Adaninggar adalah suatu bentuk tari putri gaya Yogyakarta, karena termasuk dalam tari golek Menak. Maka dari itu ciri-ciri tarinya hampir sama, yaitu bentuk tangan selalu ngruji, dalam m…
Beksan Setyaki-Hendroprawoto dapat dikategorikan termasuk jenis tari klasik gaya Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dalam penyajiannya, yaitu masih berpijak pada pola dasar gerak tari putera gagah g…
Daerah Banyumas masih belum mempunyai tarian lepas yang mampu mewakili daerah tersebut, yaitu satu bentuk tarian yang menajdi ciri khas & milik masyarakat Banyumas. Oleh karena itu, seorang koreogr…
Tema tari pada sajian ini adalah peperangan, peperangan antara Rama melawan Rahwana. Proses penyajian gerak pada beksan Rama-Rahwana masih berpijak pada beksan gagah-alus. Namun sudah ada sedikit p…
Motif gerak dalam beksan golek menak putri Rengganis Widaninggar masih berpijak apda patokan beksan putri gaya Yogyakarta. Beksan golek menak Rengganis-Widaninggar adalah beksan yang bertemakan pep…
Tari topeng klasik gaya Yogyakarta merupakan penyempurnaan dari tari topeng yang berasal dari rakyat / sering dikenal dengan gaya kerakyatan. Ciri khas dari tari topeng ialah mempergunakan motif ge…
Beksan Srikandi Bisma merupakan bagian / pethilan cerita epos Mahabarata yang biasanya juga ditampilkan pada pertunjukan wayang kulit (purwa) maupun wayang wong. Sebagai beksan yang bertolak dari b…
"Bebeteng Dwarawati" adalah suatu judul garapan drama tari yang berpijak pada tari klasik gaya Yogyakarta. Materi pokok yang diolah ialah ragam kalang kinantang gagah & impur halus. Tema garapan ad…
Tari topeng adalah bagian dari wayang topeng yang pada umumnya diambil dari pertunjukan wayang Gedog dengan cerita Panji. Tari Kenakawulan adalah salah satu bentuk tari topeng putri gaya Yogyakarta…
Garapan tari ini mengacu pada bentuk beksan, yakni pethilan berpasangan tari Yogyakarta yang bertema perang tanding. Pola gerak wayang wong menentukan sekali perwatakan peran yang dibawakan, maka p…
Gerak pokok yang digunakan dalam penyusunan garapan ini adalah gerak tari gaya Yogyakarta. Selain menggunakan gerak-gerak yang sudah ada, dalam penggarapannya penulis mencoa mengembangkannya dalam…
Kesimpulan : Penggarapan tari Bisa Gugur difokuskan pada keperkasaan seorang senopati yang bertanggung jawab dalam mempertahankan negara dari segal macanm ancaman. Tari digarap dengan bentuk drama…