Perwujudan beksn Manggalatama Revitalisasi Gaya Tari Pura Pakualaman tidak luput dari dasar pengamatan gerak-gerik seorang pemimpin prajurit Pura Pakualaman yang sedang menunggang kuda. Perwujudan …
DIY memiliki kekayaan yang luar biasa atas seni-seni pertunjukan tradisi yang bersifat kerakyatan. Demikian pula tradisi klasik tetap terpelihara di istana Kraton Yogyakarta maupun istana Pura Paku…
Tari dan manusia ditengarai memiliki pertalian yang erat sepanjang masa. Tari bisa berada di tengah-tengah ritual yang telah sedemikian dalam dan panjang mengakar dari masa lampau. Buku ini merupa…
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Tari Yogya Putri secara daring di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Proses pembelajaran Tari Yogya Putri Kelas XI di SMK N…
Salah satu upaya penting dalam usaha melindungi, melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan karya seni-budaya bangsa, adalah pelacakan dan pengadaan dokumentasi karya dalam berbagai bentuk media.…
Prinsip dasar penulisan buku ini adalah adanya arsip dokumentasi rekaman audio visual (video) yang dimiliki Taman Budaya Yogyakarta. Fungsi buku ini sebagai penguat keberadaan video yang dimaksud. …
Tulisan ini membahas mengenai “Bentuk Penyajian Beksan Inum di Pura Pakualaman Daerah Istimewa Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali, mendeskripsikan, dan memberi inform…
Tujuan penulisan ini untuk mengetahui unsur-unsur gerak yang dipakai dalam beksan Premadi-Suryatmojo gaya Yogyakarta. Beksan Premadi-Suryaatmojo disusun sesuai dengan urutan yang berpatokan pada ta…
Beksan Janaka Cakil adalah salah satu jenis tari klasik gaya Yogyakarta. Tari ini berbentuk tari pasangan / duet yang dilakukan oleh 2 orang penari putra, yang menggambarkan peperangan antara tokoh…
Beksan Samba -Tambangwati bersumber pada Kagungan Dalem Serat Kandha lampahan Suprabawati. Beksan pethilan Suprabawati telah diciptakan sejak masa pemerintahan Sri Sultan HB VIII. Kemudian beksan i…
Beksan Setyaki-Hendroprawoto dapat dikategorikan termasuk jenis tari klasik gaya Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dalam penyajiannya, yaitu masih berpijak pada pola dasar gerak tari putera gagah g…
Motif gerak dalam beksan golek menak putri Rengganis Widaninggar masih berpijak apda patokan beksan putri gaya Yogyakarta. Beksan golek menak Rengganis-Widaninggar adalah beksan yang bertemakan pep…
TA yang berjudul Beksan Samba Gurnetra satu telaah struktural" pada dasarnya adalah menganalisis struktur beksan pethilan gagah alus gaya Yogyakarta, yaitu tentang sistem tat hubungan antar kompone…
Beksan Bugis Gaya Yogyakarta lahir diluar istana yakni di Kepatihan Yk, Diciptakan oleh patih Danurejo V (th 1879-1899) pada pemerintahan Sri Sultan HB VII ragam tari yang digunakan merupakan ragam…
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan gerakan seni beladiri Pencak Silat dengan salah satu tari gaagh putra gaya Yogyakarta, yaitu Beksan Putar Gagah Bandabaya dari Istana Pura Pakualaman, Y…
Beksan ini merupakan rancangan baru yang diilhami dari beksan-beksan kuno istana yang lahir & berkembang pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I - VIII. Bentuk penyajian beksan Sekawan Jemparing men…
Beksan Nyakarakusuma merupakan salah satu bentuk tari yang berasal dari istana Yogyakarta & diciptakan oleh Sri Sultan HB I. Beksan Nyakrakusuma merupakan tari yang bertema perang & berfungsi sebag…
Beksan Srikandi Bisma merupakan bagian / pethilan cerita epos Mahabarata yang biasanya juga ditampilkan pada pertunjukan wayang kulit (purwa) maupun wayang wong. Sebagai beksan yang bertolak dari b…
Garapan tari ini mengacu pada bentuk beksan, yakni pethilan berpasangan tari Yogyakarta yang bertema perang tanding. Pola gerak wayang wong menentukan sekali perwatakan peran yang dibawakan, maka p…
Berdasarkan uraian maka dapat diambil kesimpulan bahwa beksan babandaya pura pakualaman merupakan tarian perang yang prinsipnya mengambarkan kegagahan para prajurit dalam berkrida jurit dengan menu…
Kesimpulan : Tumbuh berkembangnya budaya bangsa kita akan selalu memberi dampak kepada masyarakat di sekitarnya. Hal ini dapat di lihat dari pertumbuhan tari klasik yang pada mulanya berkembang di …
tari adalah sebuah pengungkapan pernyataan ekspresi dalan gerak dan irama yang memuat nilai - nilai realitas yang ada di lingkungan di sekitarnya. Beksan Janaka Suprabawati merupakan tarian yang m…
Tari adalah bentuk seni tradisi yang memliki berbagai nilai falsafah, konsep, ide serta gagasan yang melatar belakangi penciptaanya. Dengan berbagai karakter serta ciri khas yang membentuk satu kes…
Banyak bahasa dan dialek yang digunakan dalam pocapan Beksan Etheng dan Beksan Lawung, bercampur aduk, sehingga terjadi alih kode yang unik pula. Sayangnya, hal yang menarik dan unik ini terselubun…
R. Skripsi
Beksan Jebeng yang akan direkonstruksi ini merupakan buah karya Sri Paku Alam III (1855-1864). Ceritanya menggambarkan peperangan antara R. Arjuna melawan Adipati Karno dengan menggunakan senjata k…
Pada waktu Mataram khususnya Yogyakarta selalu diliputi peperangan banyak prajurit dari daerah/kerajaan lain yang merupakan kerajaan jajahan didatangkan ke Mataram. Hal yang biasa bila terjadi komu…
Beksan Janaka Suprabawati merupakan cerita pethilan dari lakon Suprabawati Tinandhing. Berdasarkan isi dan temanya, merupakan tari yang menggambarkan pertemuan cinta di medan perang antara 2 tokoh,…
Beksan Palguna-Palgunadi disusun oleh Surojo dalam bentuk duet (berpasangan) yang berpola pada tari klasik gaya Yogyakarta. Tujuan disusunnya beksan ini untuk melestarikan dan mengembangkan tari kl…
Tari Menak merupakan ciptaan Sultan HB IX dengan berkiblat pada wayang golek. Tari Menak mengambil cerita dari Wayang Golek yang mengisahkan cerita dari kasusasteraan Menak. Tema pokok yang akan di…
Tari Menak merupakan ciptaan Sultan Hamengku yang ke IX, dengan berkiblat pada Wayang Golek. Tari Menak mengambil cerita dari Wayang Golek yang mengisahkan cerita dari kesusasteraan Menak, maka unt…
Beksan Titisari-Irawan merupakan salah satu bentuk tari istana yang berasal dari Kasultanan Yogyakarta. Beksan ini diciptakan pada masa pemerintahan Sultan HB VIII pada tahun 1926. Ditarikan oleh 2…
Tujuan penyajian untuk pelestarian dan pengembangan dan untuk melatih sejauh mana penjiwaannya. Dalam beksan ini menggunakan 2 ragam pokok gerak yaitu ngenceng / nggruda merupakan satu - satunya ra…
Tujuan penyajian untuk mengetahui dan memahami sejauh mana penghayatan dan penjiwaan karakter yang dimilikinya. Beksan ini bertemakan perang tanding, yang merupakan saklah satu jenis tari klasik ga…
Beksan Golek Menak Rengganis Widaninggar bersumber pada cerita menak yang bertemakan peperangan. Geraknya berorientasi pada gerak wayang golek. Iringan yang digunakan adalah iringan klasik tradisi …
Tari ini merupakan tari upacara dengan jumlah penarinya 7 orang gadis remaja. Tari ini terdiri dari tari awal, tari pokok yang diiringi dengan gending Kemanak dan Ketamang mijil, tari akhir gending…
Bila dilihat secara koreografis Beksan Puteri Srikandi Suradewati dibandingkan dengan bentuk tari tunggal terdapat kesulitan diantaranya adanya iringan yang lebih dari satu gending, adanya penjiwaa…
Tujuan penggarapan untuk menambah perbendaharaan repertoar tari. Dalam koreografer garapan berpijak pada tari klasik gaya Yogyakarta, yang berpedoman pada gerak perang berpapasan yang dimaksud jebl…
Bentuk penyajian beksan ini ditinjau dari segi koreografis yang meliputi gerak, ruang dan waktu. Beksan jebeng dalam pembentukannya merupakan beksan perangan dengan tema kepahlawanan. Dari analisis…
Penyajian beksan ini bertemakan tentang kepahlawanan, bentuk beksannya yaitu beksan klasik gaya Yogyakarta yang mempunyai atuiran mengikat dalam motif gerak, pola kostum, bentuk penyajian serta da…
Beksan etheng dan beksan lawung merupakan bentuk pengucapan seni tari, mempunyai sejarah yang sangat tua. Penelitian in tidak bermaksud untuk mempersembahkan sejarah tersebut tetapi justru karena n…
Penelitian inimenyangkut latar belakang konsep penciptaannya yaitu tinjauan peranan mitos sebagai dasar cerita, nilai pandangan hidup masyarakat Jawa. Sastra klasik Jawa yang merupakan media pend…
Perancangan tari ini menggambarkan du aprajurit (satria) yang sudah berlatih perang . Tujuan perancangan in untuk memunculkan bentuk beksan putra gagah yang menggunakan properti wayang dan menambah…
Tujuan penelitian untuk mengetahui penguasaan anak-anak terhadap gerak dan iringan dalam beksan pethilan srikandi suradewati. Anak-anak mengalami kesulitan untuk menguasai gerak dan iringan dalam b…
Penelitian ini berdasarkan pada konsep gerak-gerak orang bermain anggar khususnya jeni s sabel dipadukan dengan gerak tari putra Pura Paku Alaman. Dalam pengembanganya tidak menutup kemungkinan men…
Tujuan penyajian agar mahasiswa memiliki keterampilan dan mengetahui serta mendalami bentuk repertoar tari. Tema tari pada sajian ini menggunakan ragam gerak impur alus, sedangkan tokoh Ramabargowo…
Tari ini bertemakan tentang keprajuritan, dalam penyajian beksan menak ganggamina talirasa menggunakan ragam tari golek menak gaya Yogyakarta, yang dalam penyajiannya masih menggunakan pola tradisi…