Buku ini merupakan karya peringatan hari ulang tahun ke-40 sebuah surat kabar, yang tumbuh dan berkembang di tengah- tengah perubahan sosial, ekonomi, politik, bahkan budaya. Banyak hal yang layak …
Di dalam menggambarkan dunia fiksi, pengarang mau tidak mau melakukan kegiatan kreatif. Pengarang melakukan seleksi terhadap bahan-bahan keseluruhan dari kenyataan yang tidak terhingga. Bagaimanapu…
Buku ini membahas masalah jurnalistik dan penerapannya pada 3 alternatif media massa serta menawarkan 3 pilihan yaitu menjadi jurnalis (to be ajournalist) media massa televisi, radio atau surat kab…
Buku ini menguraikan variasi bahasa media dari tiga jenis media massa : televisi, surat kabar, dan internet. Variasi bahasa media penting dibahas mengingat perkembangan media massa dewasa ini sanga…
Ilustrasi adalah media yang efektif untuk dipergunakan pada media periklanan dalam membantu mempromosikan barang, mengingat ilustrasi sebagai media komunikasi, juga berfungsi untuk memperkenalkan b…
Responden ternyata dalam mengamati iklan komputer IBM di surat kabar Kompas hanya dari segi tata letaknya (disain), yaitu dengan mengatakan bahwa penulisan teks pada iklan tersebut menyerupai berit…
Buku ini merupakan kumpulan makalah dan artikel yang di tulis oleh pengarang dalam berbagai media. Ketika membaca buku ini maka akan ada alur penulisan sejak penulis menjadi wartawan sampai pada po…
Buku ini menjelaskan relevansi iklan duka cita di media massa dimana ada kepentingan dari etnik tionghoa sebagai medeia merepresentasikan identitas budaya dan bagi media massa sebagai sumber pendap…