Buku ini membahas secara praktis dan tuntas berbagai hal yang berhubungan dengan proses pembutan desain kartun dan karikatur. Materi yang disajikan dilengkapi dengan gambar dan petunjuk langkah dem…
Animasi adalah paduan seni dengan teknologi sebagai bagian yang tak terpisahkan. Saat ini animasi sudah menjadi suatu kebutuhan. Bukan hanya sebagai hiburan, namun juga sebagai sarana pendidikan, e…
Karya tugas akhir penciptaan tugas akhir short film animasi 3D dengan visual kartun “HASIL” menceritakan tentang rudy yang sedang berusaha memainkan bola dengan alat pukulnya. Dikarenakan itu m…
Buku ini memberikan gambaran mengenai cara merancang film kartun mulai dari persiapan peralatan hingga proses editing untuk menampilkan film yang dinikmati. Bab I membahas persiapan peralatan yang…
Kartun saat ini menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia. Setiap hari kartun dapat disaksikan melalui layar kaca ataupun layar lebar. Penggemarnya pun beragam mulai dari anak-anak sampai…
Sebagai salah satu bahasa politik, kartun telah menjadi instrumen pokok untuk menceritakan realitas, segala tindakan dalam kartun merupakan sikap politis oleh kartunis yang harus dipahami melalui p…
Kartun editorial merupakan kolom gambar sindiran di media masa cetak yang mengomentari berita dan isu yang sedang ramai dibahas di masyarakat. Kartun editorial "Clekit" dalam penulisan ini merupaka…
Perumusan masalah dari perancangan ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat dan lebih meyakinkan masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan pelestarian fauna yang terancam punah akibat se…
Skripsi ini membahas tentang studi analisis respon publik terhadap "kartun sms" di surat kabar harian Radar jogja. Permasalahan publik selalu ada dan beraneka ragam. Radar Jogja menampung aspirasi …
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji aspek visual yang terdapat pada karakter tokoh sukribo dan mengkaji serta menganalisis unsur-unsur semiotika dalam kaitanya dengan aspek visual. …
Ketika terjun ke dalam dunia desain grafis, tingkat tertinggi dari sebuah desain dua dimensi adalah gambar kartun. Desain kartun yang unik dan lucu tidaklah harus didesain dengan tools yang rumit. …
Buku ini dicetak dalam tulisan tangan. Buku ini menyajikan cerita motivasi dengan baik dan mudah dicerna serta dipahami. Tulisan ini disertai dengan gambar-gambar yang mendukung. Di dalam buku ini …
Gen dan Fai tiba - tiba kedatangan seorang tua yang misterius saat mereka berdebat mengenai manga. Pertemuan mereka dengan orang tua tersebut membawa mereka berpetualang ke dunia fantasi dan futu…
Anime merupakan sebuah gambar yang bisa dibuat menggunakan oalh tangan maupun menggunakan teknologi computer. Dalam perkembangannya, anime dapat dibuat menggunakan teknologi computer grafik dengan …
Komik adalah dunia kreatif tanpa batas. Komik adalah dunia imajinasi yang tak terbatas. Segala macam ide dan imajinasi se"gila" apapun bisa ditampung dalam komik dan bisa jadi sangat menarik. membu…
Buku ini merupakan kartun sejarah. Kartunis larry Gonick mengubah pandangan kita tentang pelajaran sejarah dengan buku ini. Berbagai peristiwa dalam sejarah peradaban manusia disajikan secara dahs…
Karakter kartun dimulai dengan menggambar wajah mulai dari kepala, fitur dan ekspresi. Jika dilakukan dengan benar maka akan menghasilkan kepribadian yang mengesankan. Penulis buku ini menyajikan t…
Adobe Flash merupakan salah satu program yang paling terkenal dalam pembuatan animasi 2D, banyak para animator yang juga menggunakan program ini. Buku ini akan menjelaskan teknik pembuatan animasi …
Kita sering melihat berbagai macam animasi kartun, baik di layar tv maupun dalam video game. Sangat lucu dan menggemaskan bukan !, Jangan hanya jadi penonton, karena kini kitapun bisa berkreasi dan…
Buku ini membahas sejarah dan perkembangan animasi, kaidah, dan prinsip dalam film animasi, termasuk di dalamnya dibahas tentang karakter tokoh yang secara teknik mengurai langkah-langkah digitalis…
Buku ini memberikan alternatif pengembangan karakter / tokoh dalam bentuk animasi kartun. Juga disajikan penggambaran kaakter denga format khas flash, eksplorasi gerakan pada karakter, dan pendekat…
Pengemasan gaya cerita humor dalam media komunikasi visual dapat menjadi pilihan alternatif untuk menyampaikan pesan sosial pada masyarakat. Salah satu kartun komik yang menerapkan gaya cerita humo…
Anime merupakan kartun animasi yang berasal dari Jepang. Ciri khas anime adalah tampilan mata karakter yang lebar dan rambut yang digambarkan menyatu. Pada umumnya, proses penggambaran anime dilaku…
Buku ini mengulas tentang film-film animasi hasil produksi Walt Disney Studio dari tahun 1930-an hingga 1990-an, seperti Snow White and Seven Dwarfs, Alice in Wonderland, Pinocchio dan Peter Pan. D…
Buku ini merupakan tutorial menyeluruh mengenai pembuatan animasi kartun. Buku ini mengupas secara terperinci desain karakter dari sketsa ke animasi yang disempurnakan dengan biografi karakter, cer…
Buku ini berisi seluk beluk pembuatan karakter dan background untuk animasi. Karakter dan background yang dibuat tentunya dalam bentuk kartun dengan menggunakan software Adobe Flash. Penggunaan Ado…
Referensi komprehensif untuk acara kartun TV ini mencakup sekitar 75 tahun. Dalam dekade atau lebih sejak edisi pertama, industri ini telah berkembang dan berkembang ke ketinggian yang sebelumnya t…
Referensi komprehensif untuk acara kartun TV ini mencakup sekitar 75 tahun. Dalam dekade atau lebih sejak edisi pertama, industri ini telah berkembang dan berkembang ke ketinggian yang sebelumnya t…
Berbicara melalui kartun komik telah menjadi salah satu bagian dari interaksi sosial masyarakat. Diperlukan strategi tata bahasa visual untuk mencapai tahap komunikatif. Kartunis Benny Rachmadi tel…
Penelitian ini berjudul Musik Tema Film Kartun Tom and Jerry dalam Perspektif Semiotika Peirce, penelitian ini mengulas tentang pendekatan musik dengan semiotika, dimana objek material merupakan mu…
Pada jaman yang serba modern, kehidupan menjadi serba praktis, efektif dan efisien. Oleh sebab itulah diciptakan alat-alat yang sekiranya membantu kelancaran dan meringankan beban pekerjaan manusia…
Kumpulan Panji Koming yang diterbitkan ke dalam buku memberi gambaran sulitnya menyampaiakan kritik di zaman serba bebas seperti sekarang, Dwi Koendoro Br. mampu melewatinya dan menyampaiakn secara…
Tujuan penulisan merupakan upaya penciptaan produk kriya katu lewat penerapan ornamen yang berbeda. Dalam penelitian ini akan membahas masalah penerapan bentuk-bentuk gambar kartun sebagai landasan…
GM. Sudarta merupakan karikaturis Indonesia terkemuka dewasa ini. Penerbit/surat kabar yang besar mempunyai peranan penting untuk menjadikan seorang karikaturis menjadi besar pua, situasi sosial da…
Tujuan penelitian ingin mengetahui seberapa besar perhatian responden terhadap poster peraga bertemakan kebersihan lingkungan. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar re…
Kartun merupakan sebuah gambar dengan bentuk-bentuk stilirisasi yang bernuansa naifisme. Kartun memikli tahapan sejarah yang panjang yang membentuk satu kesatuan yang saling berkaitan. Jhony R Hida…
Kartun adalah sebuah bentuk gambar stilirisasi dengan berbagai simbol, ide konsep serta gagasan yang melatar belakangi penciptaanya. Kartun berkembagng seiring dengan perkembangan dijamannya dengan…
Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan kartun sebagai ilustrasi iklan perumahan dalam menarik perhatian pembaca, merangsang minat untuk membaca, mengerti dan memahami isi pesan yang disampaik…
Kartun melalui reklame televisi dapat berkembang dan merupakan media reklame yang efektif dan komunikatif. Selain mempromosikan barang juga bersifat menghibur sehingga reklame kartun banyak yang me…
Seiring kemajuan zaman kartun mengalami perubahan secara fungsional, kartun tidak hanya sebagai sarana seni atau hanya sekedar gambar lucu tetapi telah menjadi alat kritik yang cukup ampuh dalam me…
Didalam pers kartun dapat menyampaikan pesan yang berupa berita bergambar guna memperjelas isi dan menarik perhatian. Kartun dalam kehidupan sehari-hari ditinjau dari segi wujud penempilannya dapat…
- tujuan penelitian ini untukmengetahui secara lebih rinci dan lengkap mengenai kartun editorial kompas karya G.M. Sudarta, khusunya yang non mascot atau tanpa tokoh oom pasikom. - kartun dit tori…
Berdasarkan analasisis data dan landasan teori maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Penggunaan ilustrasi kartun pada sampul buku tulis merk Kiky disukai anak-anak SD. 2. Penggunaan warna c…
Kartun editorial karya Priyanto Sunarto muncul pada tahun 1977 di Majalah Tempo dikenal dengan nama “Opini Priyanto S”. Eksistensi Priyanto selama 37 tahun dengan keunikan gaya gambarny…
Buku ini mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan stop-motion animator kreatif atau pembuat boneka yang diartikulasikan. Ini mengeksplorasi bagaimana semua elemen pembuatan film…
Buku ini berisi peribahasa jawa dengan makna dan uraiannya yang disampaiakan melalui bahasa teks dan karikatur. Dalam penyampaiannya disajikan dalam bahasa jawa dan karikatur sebagai sarana penyamp…