Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta cepatnya arus globalisasi secara tidak langsung menimbulkan degradasi nilai dan terkikisnya identitas bangsa, khususnya di kalangan pemuda-remaja. …
Buku ini merupakan kumpulan cerita pangalaman penulis selama hampir 50 tahun sejak beliau mulai belajar menabuh gamelan, kemudian ikut menabuh, membicarakan dan membuat gendhing atau komposisi baru…
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pembelajaran musik analitik (PMA) dalam Karawitan Bali, salah satu mata kuliah praktik yang diberikan kepada mahasiswa di Jurusan Etnomusikologi FS…
Bali memiliki beragam gamelan yang berbeda bentuk dan teknik permainannya. Salah satu persoalan menarik yang sering dibahas oleh para peneliti, seniman, dan budayawan adalah sistem harmoni gamelan.…
Penggunaan kendang jaipong dalam kesenian Jathilan di Yogyakarta sangat menarik untuk dikaji mengingat kendang jaipong masuk dalam kesenian rakyat, padahal para seniman telah memiliki kendang Jawa …
Buku ini merupakan kumpulan cerita pangalaman penulis selama hampir 50 tahun sejak beliau mulai belajar menabuh gamelan, kemudian ikut menabuh, membicarakan dan membuat gendhing atau komposisi baru…
Kendang jaipongan termasuk salah satu waditra (instrumen) yang populer dalam seni pertunjukan Indonesia karena digunakan dalam beberapa jenis kesenian di Indonesia, termasuk di beberapa perguruan t…
Buku ini menjelaskan tentang organologi dan akustika yang biasa dijadikan rujukan mahasiswa etnomusikologi/ jurusan karawitan. Organologi merupakan ilmu yang mempelajari seluk beluk instrumen dan a…
Kunjana Papa merupakan karya komposisi karawitan yang bertemakan tentang kegagalan dalam bercinta. Komposisi karawitan Kunjana Papa diciptakan sebagai ungkapan ekspresi jiwa yang bersumber dari cer…
Pada wilayah musikal karawitan Jawa terdapat istilah cengkok. Cengkok adalah abstrak yang tidak terdengar maupun terwujud sedangkan yang terwujud dinamakan wiled. Cengkok dapat berasal dari nada vo…
Banyumas memiliki ritual cowongan yang bertujuan memohon kesuburan dan kesejahteraan kepada Dewi Sri. Ritual cowongan menggunakan mantra sebagai syarat yang mutlak dalam pelaksanaannya. Namun, seir…
Buku ini berisi tentang kajian musik karawitan dengan kekuatan teori dan sejarah Indonesia. Para ahli teori musisi yang paling aktif dan hanya sedikit dari pengetahuan ilmiah mereka yang pernah dit…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus wiwitan yang ada di Sidorejo. Dusun Sidorejo Kelurahan Ngestiharjo Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kamp…
Buku ini membahas tiga hal pokok yaitu tentang organologi, teknik menabuh instrument gender, dan fungsi gender barung di dalam karawitan tradisi Jawa gaya Surakarta. Instrumen gender didalam perang…
Proses pembelajaran Praktik Karawitan Yogyakarta secara daring kurang efektif karena siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru, kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa, ket…
Instrumen demung merupakan salah satu bentuk instrumen yang terdapat dalam seperangkat gamelan. Instrumen ini termasuk salah satu instrumen yang cara menabuhnya menggunakan satu tangan yakni dengan…
Gending iringan pertunjukan Ketoprak Kridho Carito lakon Wasis Joyo Kusumo Gugat terdiri dari bentuk gending, bentuk tembang (sekar), dan bentuk khusus. Bentuk gending terdiri dari bubaran, ladrang…
Skripsi berjudul “Analisis Bentuk dan Struktur Garap Gending Wandali Karya Ki Nartosabdo” bertujuan untuk menganalisis bentuk dan struktur garap Gending Wandali karya Ki Nartosabdo. Gending Wan…
Penelitian ini merupakan representasi kisah perselingkuhan Dewi Renuka ke dalam karya komposisi karawitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menafsirkan struktur dramatik dalam kisah Dewi Ren…
Sholawat Nabi Jawi di Dusun Getas Bandunggede Temanggung Jawa Tengah merupakan kesenian rakyat yang bernafaskan islam. Pada penyajiannya menggunakan syair-syair dengan Bahasa Arab dan Jawa serta ad…
Karya ini bersumber dari sekar mijil, sinom dan dhandhanggula. Ketiganya adalah hama pupuk sekar macapat yang mengandung arti tentang fase kehidupan manusia. Mijil berarti keluar=lahir, sinom berar…
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perlunya kreativitas yang dilakukan oleh Grup Turonggo Mudho dalam mengembangkan iringan jaran kepang dan mengetahui apakah model kreativitas yang dilaku…
Tujuan penelitian untuk memberi gambaran tentang bentuk-bentuk gending pamijen yang terdapat dalam karawitan gaya Yogyakarta beserta konsep garapnya. Gending pamijen dalam karawitan tradisi gaya Y…
Penelitian ini berjudul Umpak Buka Dalam Garap Gending Soran Gaya Yogyakarta. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan musikal, fungsi umpak buka, dan pola penyajian dalam struk…
Soran adalah gendhing ciri khas gaya Yogyakarta yang digarap dengan sajian volume atau bunyi keras atau sora. Salah satu ciri khas yang dapat dikenali pada gendhing soran adalah terletak pada tekni…
KOmposisi karawitan baik sekar gending tradisi maupun wanda anyar merupakan salah satu bentuk penyajian karawitan yang menghidangkan vokal dan instrumen, kedua jenis bentuk penyajian karawitan ters…
Tesis ini membahas proses kretif terhadap gending-gending karya Paleh Suwanda, fokus kajiannya pada kretifitas proses penciptaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penciptaan gending Paleh Suwanda…
Penelitian ini bermaksud mengkaji kemampuan penguasaan materi mata diklat memainkan karawitan Surakarta (MKS) oleh siswa kelas III program keahlian seni karawitan SMK N 8 Surakarta. Teori yang dig…
Pinatut merupakan salah satu konsep dasar dalam karawitan Jawa Gaya Surakarta. Akan tetapi keberadaan konsep pinatut umumnya hanya dikaitkan dengan instrumen kendang. Padahal konsep pinatut juga di…
Tesis dengan judul “Penerapan Patrap Triloka Pada Penyajian Karawitan Gaya Yogyakarta” ini fokus membahas penerapan konsep Patrap Triloka pada penyajian karawitan. Ricikan gamelan pada praktik …
Pengertian kawih kapesindhenan menunjukkan salah satu gaya sekar (vokal) karawitan Sunda, yaitu lagu-lagu yang disajikan oleh sinden. Kawih karya Eutik Muchtar menggunakan laras salendro, degung / …
Gending eling-eling dalam karawitan Jawa selain dinikmati sebagai hiburan dalam bentuk audio / visual dapat dikaji makna yang tersirat dibalik kekaryaan tersebut. Dalam hal ini gending sebagai medi…
Karawitan adalah suatu cabang seni suara yang menggunakan laras slendro dan atau pelog baik suara manusia maupun suara gamelan, atau ricikan. Pengertian karawitan pernah berkembang lebih luas dari …
Karawitan berasal dari kata rawit yang berarti kecil, halus atau rumit.dan dijawa sering juga menyebut bahwa, salah satu jenis bebunyian yang dianggap tua dan masih bertahan hidupdan berkembang sam…
Salah satu konsep lokal di dalam karawitan Jawa gaya Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persoalan yang terkait dengan pengertian mandheg, proses terjadinya mandheg, hal-hal yang ber…
Penciptaan lirik lagu gending "Pitutur Pambekan" ini teronspirasi dari perwatakan yang tidak baik dari manusia, misalnya : mabuk-mabukan, jahil, dengki, sombong dsb. Berpijak dari bentuk gending tr…
Komposisi hanoraga adalah sebuah komposisi gending sifatnya eksperimen dengan mengembangkan gending tradisi yang telah ada sebelumnya. Gending-gending tradisi pada uumumnya bermatra 4/4 dan 3/4 be…
Karya seni pisungsung merupakan karya musik vokal diiringi musik instrumen bentuk percon sehingga diharapkan menjadi bentuk karya musik vokal sejenis musik sondya gita di Bali. Karya musik vokal ka…
Karya karawitan yang berjudul Grengseng diilhami oleh rangsang awal, yaitu masalah sampah yang terjadi di kota Surabaya. Media yang digunakan untuk mewujudkan karya tersebut adalah gamelan slendro …
Penciptaan komposisi kumbang atarung termotivasi oleh rangsang visual dan auditif terhadap kumbang tamulilingan yang dipadukan dengan teknik gagebug gamelan bali gender pewayangan dan gamelan angkl…
Panglipur adalah kolaborasi antara karawitan Jawa & Bali. Kolaborasi ini menggabungkan teknik bermain gamelan, pola gending, nuansa, kalimat melodi, dsb. Panglipur merupakan komposisi yang bertujua…
Skripsi dengan judul “Pembuatan Gong dari Bahan Besi Versi Sudarja” secara umum mengulas tentang organologi gong berikut proses pembuatannya. Dua hal yang menjadi latar belakang dari penelitian…
Nirabhyasa berasal dari bahasa kawi, Nir berarti tidak dan abhyasa berarti biasa atau semestinya. Komposisi karawitan ini mempunyai konsep yang diambil dari kata itu. Jadi komposisi karawitan ini …
Kualitas rekaman dalam industri musik merupakan unsur penting. Fokus penelitian ini pada model proses perekaman komposisi uler kambang oleh grup acapella mataraman. Penelitian ini menggunakan metod…
Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk dan garap karawitan untuk kebaktian di gereja kristen Jawa Dayu. Dalam penyelenggaraan kebaktian baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Jawa semula men…
Wayang kulit purwa adalah salah satu pertunjukan wayang yang tersebar di Pulau Jawa. Selain itu wayang kulit purwa paling popular dibandingkan dengan jenis wayang yang ada. Dalam perkembangannya wa…
Tugas Akhir yang berjudul “Karawitan Tari Golek Ayun-ayun Karya K.R.T. Sasmintadipura: Kajian Pola Garap Kendhangan” ini berisi tentang bagaimana pola penyajian gending …
Suwuk gropak adalah suwuk yang terjadi pada irama I dengan laya seseg, sehingga mengakibatkan perubahan teknik tabuhan pada instrumen bonang barung, bonang penerus, peking dan kenda…
Karawitan merupakan salah satu jenis musik tradisi yang begitu besar berperan dan bermanfaat sebagai salah satu media ungkapan serta sarana pembentukan citra, kepribadian, karakter atau identitas d…
Dalam tulisan ini menyebutkan bahwa climentalia berasal dari perpaduan kata atau istilah, climen dan instrumentalia. Climentalia merupakan komposisi karawitan dengan format climen, kecil-kecilan at…