Penelitian ini berjudul Umpak Buka Dalam Garap Gending Soran Gaya Yogyakarta. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan musikal, fungsi umpak buka, dan pola penyajian dalam struk…
Bedaya merupakan artefak hidup yang lahir, tumbuh, dan berkembang dilingkungan aristokrat, baik di Keraton Surakarta, Keraton Yogyakarta, Kadipaten Mangkunegara, dan Kadipaten Pakualaman. Bedhaya B…
Wayang merupakan salah satu warisan budaya yang mempunyai kelangsungan hidup, khususnya di Masyarakat jawa, sebagai hasil kebudayaan wayang memiliki nilai hiburan yang mengandung cerita pokok dan j…
"Darmane para Satria Pinunjul" menggambarkan para satria yang gagah berani, mempunyai kelebihan yaitu : Prabu Kresna, Raden bratasena, Raden arjuna. Ketiga Satria tersebut memiliki sifat pemberani …
Karya tulis ini memaparkan proses kreatif Ki Timbul Hadiprayitno menjadi dalang yang mencakup berbagai aspek yaitu silsilahnya, masa kecil, masa remaja, masa berumah tangga, nonton wayang, kursus d…
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sulukan Ki Sugi Cermosarjono dalang dari desa Bejiharjo, kabupaten Bantul. Bentuk sulukan Ki Sugi Cermosarjono ada dua macam yaitu ada yang berbentuk khusu…
Pandangan masyarakat Jawa pada pola pelatihan tari di Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa dibedakan atas perbedaan jenis kelamin dan masih dilestarikan sampai sekarang. Beberapa faktor yang m…
"Karawitan gaya Yogyakarta sangat dikenal oleh pecinta, penggemar karawitan dengan gending sorannya. Gending soran adalah gending yang digarap dengan sajian volume/ suara keras atau sora yang lebih…
Ayak-Ayak gay Yogyakarta merupakan salah satu bentuk gending yang melengkapi penyajian karawitan baik secara mandiri maupun sebagai iringan. Fungsi ayak-ayak disamping untuk kepentingan uyon-uyon m…
Penelitian dengan judul Lancaran Gagak Setra Dalam Pakeliran Gaya Yogyakarta membahas mengenai patet, garap, struktur penyajian, struktur pertunjukan, serta transisi patet Lancaran Gagak Setra pada…
Salah satu upaya penting dalam usaha melindungi, melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan karya seni-budaya bangsa, adalah pelacakan dan pengadaan dokumentasi karya dalam berbagai bentuk media.…
Buku ini merupakan tulisan dari hasil penelitian berjudul “Tari Klasik Gaya Yogyakarta: Legitimasi Warisan Budaya”. Tujuannya adalah dalam usaha meningkatkan pemahaman seni pertunjukan khususny…
Penelitian Tugas Akhir (TA) Jurusan Karawitan minat penyajian dengan judul “Gending Ènѐng-Ènѐng Laras Pelog Pathet Barang”, merupakan salah satu gending gaya Yogyakarta. Gending gaya Yogyak…
Buku ini dapat memberikan motivasi bagi para seniman karawitan terutama pengrawit muda untuk selalu ikut melestraikan dan mengembangkan karawitan gaya yogyakarta yang saat ini justru banyak diminat…
Di dalam buku ini dituliskan bahwa keistimewaan Sendratari Ramayana menjadikan Sendratari Ramayana pantasmenjadi Warisan Nasional atau malah menjadi warisan dunia. Keistimewaan bahwa Sendratari Ram…
Gendhing garap lirihan adalah gendhing yang lebih menonjolkan pada garap ricikan ngajeng, di antaranya gender, rebab, kendhang, dilengkapi dengan vokal/sindhènan. Pada penyajiannya, ricikan ngajen…
Pewarisan karya seni dari suatu budaya merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan karena semua budaya perlu mempertahankan eksistensinya dengan menonjolkan identitasnya yang unik …
Penggarapan Gending Bedhaya Laras Pelog Pathet Barang merupakan salah satu upaya untuk menggali dan melestarikan gending gaya Yogyakarta. Gending tersebut disajikan dengan garap soran menggunakan p…
Penggarapan dan penulisan ini merupakan salah satu upaya untuk menggali dan melestarikan karawitan khususnya gending-gending Gaya Yogyakarta. Pada tugas akhir ini disajikan empat repertoar gending …
Gending Plara-lara merupakan gending dengan garap lirihan gaya Yogyakarta yang bukan srambahan bahkan kemungkinan jarang disajikan, hal ini berdasarkan keterangan dari salah satu tokoh karawitan. S…
Tlutur adalah salah satu bentuk lagu, tembang, dan gending dalam karawitan. Tlutur digunakan dalam pakeliran wayang kulit maupun pakeliran ruwatan. Tlutur terdapat dalam sulukan, ayak-ayak, playon,…
Sejarah perkembangan seni pertunjukan wayang wong di Yogyakarta merupakan suatu objek pembicaraan yang luas dan kompleks. Wayang wong di Yogyakarta terbentuk dari dalam lingkaran kraton yang kemudi…
Beksan Bugis Gaya Yogyakarta lahir diluar istana yakni di Kepatihan Yk, Diciptakan oleh patih Danurejo V (th 1879-1899) pada pemerintahan Sri Sultan HB VII ragam tari yang digunakan merupakan ragam…
Penelitian ini mengungkapkan nilai atau hal2 yang terkandung dalam to[peng melalui unsur bentuk dan warna yang diterapkan pada topeng gaya Yogyakarta. Topeng Yogyakarta memiliki ciri2 bentuk muka o…
Keris terdiri dari bagian-bagiab elemen-elemen diantaranya wilah, jejeran, selut, mendak, wrangka, pendok, dan pamor pada wilah. Bentuk keris gaya Yogyakarta memilki ciri-ciri pada bagaian-bagian y…
Motif-motif gerak dalam tari putri gaya Yogyakarta terdiri atas unsur-unsur (sikap&gerak) yang kompleks & rumit, sehingga berbeda dengan gaya lain. Secara keseluruhan, komposisi unsur-unsur tari pu…
Alasan dilakukannya penelitian ini adalah bahwa belum ada penelitian yang membahas struktur lagunya. Alasan lainnya adalah karena adanya aturan-aturan sastra yang ketat dalam tembang macapat, sehin…
Mardawa Budaya merupakan suatu perkumpulan / organisasi yang mengelola bidang kesenian Jawa, khususnya seni tari klasik gaya Yogyakarta. Pengembagan tari di Mardawa Budaya lebih mengarah ke bentuk …
Wayang wong yang sarat dengan simbol dan makna adalah salah satu produk seni di Kraton Yogyakarta, merupakan personifikasi dari pertunjukan wayang kulit. Pertunjukan yang diciptakan oleh Sri Sultan…
Penelitian ini dimaksudkan untuk dapat mengumpulkan informasi dan data tentang suling, untuk dapat diurai lebih lanjut mengenai hal tradisi dan peranan suling dalam garap tabuhan gamelan gaya Yogya…
Tari Golek Damarkeli bertemakan tentang seorang gadis remaja yang sedang merias diri. Tujuan penelitian untuk melestarikan, menghidupkan kembali dan menginformasikan tari ini melalui bentuk penyaji…
Tujuan penelitian ikut serta melestarikan, menghidupkan dan menginformasikan Bedaya Genjong Goling gaya Yogyakarta dengan melalui pendataan kembali ditinjau dari segi koreografi. Tari ini merupakan…
Bentuk penyajian beksan ini ditinjau dari segi koreografis yang meliputi gerak, ruang dan waktu. Beksan jebeng dalam pembentukannya merupakan beksan perangan dengan tema kepahlawanan. Dari analisis…
Loro blonyo adalah patung kayu figuratif yang menampilkan makna yang hendak diberikan oleh kehadiran dewi sri,loro blonyo biasanya dilambangkan sebagai pasangan lelaki dan wanita dengan tat rias da…
Tujuan penulisan untuk memperluas pandangan sebagaimana suatu kenyataan bahwa apa yang terkandung dalam instrumen gamelan mengandung nilai budaya yang tinggi. Metode yang digunakan adalah wawancara…
Tujuan penelitian untk mengetahui garap karawitan gaya Yogyakarta pada salahj satu ricikan garap saron peking yang sebenarny, saron peking adalah salah satu ricikan gamelan yang teknik tabuhannya m…
Tari Janaka merupakan tari yang disusun dalam bentuk tunggal yang mempunyai pola aturan yang sesuai dengan aturan tari klasik gaya yogyakarta yang ada baik ragam gerak, pola lantai, iringan, tata r…
Karya ini merupakan satu penelitian yang pokok pembahasannya menekankan pada seberapa jauh fungsi Instrumen ( Jawa: ricikan) tersebut didalam penyajian bentuk gendhing gaya Yogyakarta. Instrumen ko…
Dalam rangka upaya mengembangkan kebudayaan bangsa yang berkepribadian dan berkesadaran nasional, perlu ditumbuhkan kemampuan masysrakat untuk mengangkat nilai-nilai budaya daerah. Salah satu saran…
Pertunjukan Wayang Golek dapat dikatakan langka dalam masyarakat. Hal ini mungkin sekali karena bentuk wayangnya berbeda yaitu berbentuk tiga dimensi, menyerupai bentuk orang. Karena menyerupai ben…
Keunikan tari ini terletak pada polapola geraknya yaitu menggambarkan orang yang sedang berdandan dari siraman, nyampingan, kembenan sampai tarikan. Tari Golek adalah salah satu tari putri gaya Yog…
Tari Serimpi Merak Kasimpir tumbuh pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VII, yang kemudian Sri Sultan Hamengku Buwono VII berkenan untuk menggubah tari tersebut. Tari ini bertemakan pe…
Bonang penerus adalah salah satu instrumen gamelan yang dibuat dari logam. Instrumen ini dalam tetabuhan termasuk keras didalam penyajian gending. Pada penyajian gending jawa, khususnya gaya Yogyak…
Ragam Kambeng Gaya Yogyakarta dalam pewayangan diwujudkan dalam bentuk wayang gagahan lugu, sederhana, polos dan tidak banyak tingkah, namun tegas tindakannya. Dalam hal ini ragam Kambeng diidentik…
Tari Golek merupakan salah satu tari putri gaya Yogyakarta yang lahir dan berkembang dari luar tembok keraton, yang kemudian berkembang pula ke dalam istana setelah mengalami stilisasi. Tari Golek …
Beksan pethilan Janak Cakil gaya Yogyakarta merupakan salah satu pethilan yang diambil dari pertunjukan Wayang Wong gaya Yogyakarta. Beksan ini pernah dipentaskan oleh K.R.T. Sindudipuro di luar Kr…