Detail Cantuman Kembali

XML

Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Karawitan Jawa di SMP N 1 Jetis Bantul DI. Yogyakarta


Latar belakang diadakannya penelitian adalah proses pembelajaran ekstrakurikuler karawitan Jawa di SMP Negeri 1 Jetis Bantul belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran Ekstrakurikuler Karawitan Jawa dengan fokus perhatiannya apakah pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan teori yang ada.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analitik. Metode deskriptif analitik adalah mendeskripsikan sesuatu secara alamiah atau apa adanya. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen; observasi dilakukan pada proses pembelajaran esktrakurikuler tersebut, wawancara dilakukan kepada siswa, guru, dan pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut, sedangkan studi dokumen adalah mencari data melalui data-data tentang porses pembelajaran ekstrakurikuler karawitan Jawa tersebut. Validasi data menggu-nakan triangulasi metode, teknik, dan sumber datanya; sedangkan analisisnya melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitiannya menyimpulkan proses pembelajaran ektrakurikuler karawitan Jawa di SMP N 1 Jetis, Bantul perlu ditingkatkan. Peningkatan meliputi meteri disusun secara runtut dan rapi, metode yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, dan pengembangan sarana prasarana agar peserta kegiatan lebih giat belajar. Melalui pengembangan tersebut diharapkan proses pembelajaran lebih efektif sehingga tujuan pembelajaran ektrakurikuler karawitan Jawa dapat tercapai.
KIRANA, Fransiskus Sasi - Personal Name
PSP/Kir/p/2019
PSP/Kir/p/2019
Tugas Akhir
INDONESIA
Jur. PSP FSP ISI Yogyakarta
2019
Yogyakarta
ix + 74 hal.; il.: 30 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...