Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta


Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik
dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses
pembelajaran vokal klasik dan tingkat kesulitan yang dialami siswa,
serta mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar vokal klasik
secara individu di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Adapun metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
memahami suatu kondisi pembelajaran vokal klasik di Virtuoso Music
Course Yogyakarta melalui Pengumpulan data, dengan melakukan
observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara terhadap murid
dan pengajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa murid vokal
klasik mengikuti pembelajaran secara individu dengan metode dan
kurikulum yang sudah lama diterapkan sejak berdirinya Virtuoso Music
Course Yogyakarta. Pengajar memvariasikan kurikulum tersebut
dengan keadaan murid saat mengkuti proses belajar vokal klasik secara
individu. Perbedaan umur pada setiap murid mengharuskan pengajar
untuk memberikan beberapa metode seperti,metode pendekatan,
metode tanya jawab, metode imitative, apresiasi dan metode tanya
jawab. Hasil dari setiap proses pembelajaran yang diikuti setiap murid
memiliki keberhasilan yang berbeda-beda baik dalam segi penguasaan
lagu maupun teknik vokal yang sudah diberikan pengajar terhadap
murid.
Kata Kunci : Pembelajaran, Vokal Klasik, Individu.
BARUS, Ade Fria Setyawan - Personal Name
MS/Bar/p/2019
NONE
Partitur/Praktek Musik
INDONESIA
Jur Musik FSP ISI Yogyakarta
2019
Yogyakarta
x+66hal., ill.; 21cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...