Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS WACANA KRITIS KAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREK NIKE


Iklan Nike “Just Do It” tidak berisi pembahasan tentang produk Nike, iklan
tersebut berisi gagasan Nike tentang berbagai isu sosial yang ada, dan hal tersebut
mampu menempatkan Nike menjadi merek olahraga paling laris di duni. Salah
satu iklan yang cukup relavan untuk dibahas saat ini adalah iklan Nike tahun 2018
dengan judul “Dream Crazy”. Iklan ini hadir dengan kembali memanfaatkan isu
sosial untuk mengungkapkan gagasan tentang merayakan kebebasan beraktivitas
olahraga bagi seluruh lapisan khalayak masyarakat tanpa ada yang dipinggirkan.
Penelitian ini bertujuan memberikan kejelasan dari sebuah teks (realita sosial)
yang terjadi tentang fenomena brand tribalisme pada merek Nike di Indonesia.
Melalui penelitian ini iklan Nike tersebut akan diteliti dengan menggunakan
metode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis pada dimensi
praktik sosiokultural menunjukkan bahwa penggunaan isu sosial pada iklan
tersebut digunakan untuk kepentingan merek Nike dan hal tersebut diterima
dengan baik oleh khalayak Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa di
dalam iklan tersebut terkandung wacana Brand tribalisme yang terjadi di
Indonesia terhadap merek Nike, hal tersebut terjadi karena selain dibangun dengan
kepopuleran produk Nike dan meningkatnya peminat sneaker di Indonesia
diperkuat juga dengan isu sosial yang dikomodifikasikan oleh Nike didalam
iklannya.

SANTOSA, Bayu - Personal Name
DK/San/a/2020
DK/San/a/2020
Tugas Akhir
INDONESIA
Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
2020
Yogyakarta
xiv + 97 hal.; ilus.: 30 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...