Detail Cantuman Kembali

XML

Wayang Palembang Dalam Lakon Bambang Dharmojati Oleh Dalang Kiagus Wirawan Bersama Sanggar Sri Palembang


Tulisan ini bertujuan mengurai dan menganalisis dinamika eksistensi Wayang Palembang dari awal kelahirannya hingga yang dibawakan oleh Kiagus Wirawan bersama Sanggar Sri Palembang pada hari ini (2019). Untuk lebih terfokus maka dipilih sampel lakon Bambang Dharmojati guna memberi gambaran sisi pertunjukan Wayang Palembnag. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan etnografi. Selama proses penelitian didapati bahwa Wayang Palembang merupakan kesenian khas Palembang yang berawal dari wayang Purwa. Kesenian ini mulai hidup dan dikenal dalam lingkungan masyarakat semenjak runtuhnya kesultanan Palembnag Darussalam. Terdapat tiga unsur budaya yang sangat kuat dalam Wayang Palembang yaitu unsur Melayu Palembang, Jawa, dan Cirebon. Wayang Palembang hari ini sedang mengalami penurunan minat penonton. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan mendasar tentang bagaimana pertunjukan Wayang Palembang, bagaimana cara Sanggar Sri Palembang bertahan dan mengapa mengalami penurunan minat penonton. Untuk itu digunaan teoariHausers, Tomars dan Wolf yang mengatakan bahwa perubahan sosial di sebuah tempatakan menghadirkan pembaharuan seni yang khas sesuaidengan pola sosial masyarakat pada masanya, selanjutnya digunakan juga teori struktur dan tekstur miliki Kernodle untuk menganalisa bentuk pertunjukan agar mampu menghadirkan tafsir prefrensi minat pertunjukan. Selanjutnya cara bertahan dianalisis dengan teori Scoot yang mengatakan upaya melawan dan bertahan terdiri dari open and hiden form resistance. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa bentuk pertunjukan Wayang Palembang yang hari ini masih bersifat sangat klasik sehingga terjadi perbedaan antara permintaan masyarakat dan ketersdiaan ruang pertunjukan. Namun untuk mempertahankan eksistensinya, Kiagus Wirawan bersama Sanggar Sri Palembang akan selalu menyelenggarakan pertunjukan Wayang Palembang secara independen dan tidak peduli jumlah penonton.
FADILA, Aminatul - Personal Name
TE/Fad/w/2019
NONE
Tugas Akhir
INDONESIA
Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta
2019
xii, 145 hal.: ill.; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...