Detail Cantuman Kembali

XML

Membangun Karakter Tokoh Film Gejog Mengunakan Interior Tahun 1965 Melalui Penataan Artistik


Setting interior pada film lazimnya digunakan sebagai penujuk ruang dan waktu untuk memberikan informasi yang kuat dalam cerita film. Skripsi penciptaan karya seni berjudul Membentuk Karakter Tokoh Film “Gejog” Menggunakan Interior Tahun 1965 Melalui Penataan Artistik menggunakan setting interior untuk membentuk karakter tokoh, dimana karakter tokoh dalam film “Gejog” digunakan sebagai acuan dalam penataan ruang sehingga film “Gejog” membawa penonton keluar dari kehidupan sehari-harinya dan membawa mereka ke dunia yang berbeda, dimana mereka menempatkan diri sebagai tokoh di dalam film dan ikut serta dalam setiap suasana hati tokoh ataupun emosional yang dibangun melalui setting interior maupun eksterior dalam setiap adegan film. Karya ini menceritakan tentang Sejarah Pasca G 30 s tahun 1965 dimata anak kecil bernama Dipa, yang dibohongi oleh ibunnya (Lastri) bahwa yang menculik ayahnya (Yono) adalah Gejog, pada kenyataanya Yono diculik oleh tentara dan warga sipil pasca G 30 s. Pembentukan karakter melalui interior pada tahun 1965 dalam film ini sangatlah penting dimana Dipa dengan karakternya yang pemikir, Lastri dengan karakternya yang sabar, dan Yono dengan karakternya yang idealis, dijadikan panduan dalam memahami pengolahan elemen ruang yang cocok untuk dikembangkan kembali menjadi konsep penataan artistik sesuai dengan cerita dalam film agar penonton lebih dapat memahami setiap karakter, kemudian melalui penataan setting interior 1965 akan menunjukan informasi tentang periode, kapan dan dimana cerita film berlangsung serta isu G 30 s. Membangun karakter tokoh menggunakan interior 1965 dengan karakteristik perpaduan antara klasik kolonial dan tradisional Indonesia, dengan nuansa tradisional yang masih kental, melalui penataan artistik dapat memberikan kemudahan penonton dalam berspekulasi pada film dengan minim dialog. Memberikan setiap visual yang memiliki kekuatan karakter masing masing tokoh untuk menyampaikan pesan tersirat dalam film “Gejog”, dengan menggunakan setting interior dan eksterior yang memiliki motif tertentu dalam penataan dan pemilihan property, hiasan dinding, serta pengecatan, untuk membangun karakter masing-masing tokoh, dengan mengacu pada tahun 1965 dan isu yang sedang terjadi.
SULISTIANI, Noviana Eka - Personal Name
TV/Sul/m/2018
S1/TV
Tugas Akhir
INDONESIA
FSMR ISI Yogyakarta
2018
Yogyakarta
xviii, 217 hal.: ilus., lamp., 30 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...