Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran Ensambel Musik Untuk Anak Autis di Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta


Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, termasuk anak berkebutuhan khusus, seperti anak penyandang autis. Salah satu sekolah yang menangani anak autis yaitu Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta. SLB Fredofios memiliki program pembelajaran musik yang mana siswa penyandang autis mampu bermain musik secara ensamble dengan cukup baik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan metode pembelajaran ensambel musik untuk anak autis di Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran dan metode yang digunakan dalam pembelajaran ensambel musik untuk anak autis. Penelitian ini melibatkan 6 siswa autis, 1 guru musik, dan 1 wakil kepala sekolah sebagai informan. Batasan masalah dalam penelitian ini yakni proses pembelajaran ensambel musik untuk anak autis serta kendala dan hambatan. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran ensambel musik untuk anak autis di Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta menggunakan metode ABA (applied behaviour analysis) sebagai pendekatan komunikasi guru terhadap anak autis serta metode demonstasi, imitas, dan teknik solmisasi untuk mengajar ensambel msuik.
FARHAH, Della Mauhibah - Personal Name
MS/Far/p/2019
MS/Far/p/2019
Tugas Akhir
INDONESIA
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
2019
Yogyakarta
xi + 79 hal.; ilus.: 30 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...