Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Pembelajaran Euritmik Melalui Stimulasi Musik Dangdut Koplo Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Musik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kemlagi Mojokerto


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.
Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto yang berjumlah 188 peserta didik. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 32 peserta didik kelompok eksperimen dan 32 peserta didik kelompok kontrol. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dengan tingkat signifikansi homogenitas populasi menggunakan uji Levene’s sebesar 0,255. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik. Validitas instrumen penelitian didasarkan pada validitas isi dan validitas konstruk. Pengukuran validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken V, sedangkan pengukuran validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfirmatori. Reliabilitas instrumen penelitian menggunakan teknik Alpha Cronbach dan teknik Cohen’s Kappa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis ANOVA. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Saphiro-Wilk’s dan uji homogenitas menggunakan uji Levene’s.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil analisis menggunakan uji ANOVA kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat posttest dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut menunjukkan bahwa nilai < 0,05. Hasil penelitian dibuktikan berdasarkan nilai rata-rata minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik kelompok ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol pada saat posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran euritmik melalui stimulasi musik dangdut koplo terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.
MS/Uto/p/2019
MS/Uto/p/2019
Tugas Akhir
INDONESIA
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
2019
Yogyakarta
xii + 145 hal.; ilus.: 30 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...