Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Maskulinitas Pada Kemasan Kosmetik : Analisis Wacana Kritis Terhadap Kemasan Produk Kosmetik Thebalm


Kosmetik adalah serangkaian produk yang fungsi dasarnya adalah merias, mempercantik, mengubah penampilan, memberi warna maupun dimensi. Saat ini dapat ditemukan pelbagai jenis kosmetik yang tersebar di pasaran luas, baik diperuntukkan bagi kaum perempuan maupun laki-laki. Hal tersebut mendorong produsen kosmetik untuk berlomba-lomba menonjolkan keunggulan produk agar dapat bersaing dalam kompetisi ritel Dalam kemunculannya theBalm cosmetics berhasil memupuk brand image dalam benak konsumen yaitu dengan menerapkan gaya visual desain retro pin up pada desain kemasannya. Namun beberapa diantaranya, terdapat figur maskulin yang mendominasi visual kemasan. Diasumsikan theBalm cosmetics memanfaatkan figur tersebut sebagai praktik komodifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, berupaya memaparkan representasi figur maskulin pada kemasan theBalm melalui teori analisis wacana kritis Teun A. van Dijk, dalam menganalisis menggunakan referensi teori desain kemasan, kemudian ditelaah menggunakan perspektif maskulinitas dan komodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya konten maskulin diterapkan pada kemasan theBalm. Nilai maskulin disisipkan dalam elemenelemen kemasan baik dalam elemen verbal maupun visual. Maskulinitas yang direpresentasikan dalam kemasan adalah maskulinitas yang diidealkan (hegemony masculinity) serta maskulinitas yang lebih lunak (soft masculinity). Penelitian ini membuktikan adanya praktik komodifikasi terhadap figur maskulin dimana figur tersebut sengaja dibubuhkan demi meraih keuntungan.
DEFI, Zintha - Personal Name
DK/Def k/2018
NONE
Tugas Akhir
INDONESIA
FSR ISI Yk.
2018
Yogyakarta
xiv, 119 hal.: ilus.; 30 cm.
Ada jurnal cetak
LOADING LIST...
LOADING LIST...