Detail Cantuman Kembali

XML

Perancangan Buku Ilustrasi Urban Sketch Bangunan Hindia Belanda di Yogyakarta


Urban sketch merupakan sebuah istilah dalam gaya ilustrasi modern yang saat ini semakin digemari. Urban sketch ialah bertutur atau bercerita tentang kondisi di sekitar melalui sketsa langsung di lokasi, sehingga tidak hanya goresan semata, namun juga menggambarkan suasana dan interaksi manusia berikut lingkungannya. Hal itulah yang membuat urban sketch berbeda dari gaya ilustrasi yang lain. Menggambar bangunan bersejarah menjadi salah satu yang paling banyak digemari dalam aktivitas urban sketch, termasuk bangunan peninggalan Hindia Belanda yang ada di Yogyakarta. Meski begitu, banyak para pelaku sketsa yang hanya menjadikan bangunan bersejarah tersebut sebagai obyek sketsa tanpa tahu sejarah dibaliknya. Tidak banyaknya buku yang mengulas tentang bangunan peninggalan Belanda di Yogyakarta juga turut menjadi alasan kurangnya generasi muda dalam mengapresiasi bangunan bersejarah. Permasalahan tersebut yang kemudian melatar belakangi penulis untuk membuat perancangan buku ilustrasi yang bersifat dokumentasi melalui media sketsa yang berisi informasi tentang bangunan bersejarah peninggalan Hindia Belanda yang ada di Yogyakarta.
Perancangan buku ilustrasi ini dikerjakan dengan menggambar sketsa secara langsung dua puluh obyek bangunan Hindia Belanda yang tersebar di Kota Yogyakarta. Semua data tentang sejarah bangunan peninggalan Belanda bersumber dari laporan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta. Teknik sketsa menggabungkan teknik garis menggunakan tinta yang dikombinasikan dengan teknik gray wash guna menambah kesan sejarah pada sketsanya. Pada setiap ilustrasi bangunan diberi deskripsi singkat mengenai bangunan tersebut dengan menggunakan gaya teks naratif sehingga tidak terkesan ilmiah dan dapat diterima dengan mudah oleh target audience.
Buku ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai acuan dalam mencari obyek sketsa, namun juga media yang mengedukasi dan memberi wawasan mengenai sejarah bangunan tersebut, sehingga masyarakat terutama pelaku sketsa dapat mengenal bangunan Cagar Budaya peninggalan Belanda di Yogyakarta. Selain itu, perancangan buku ilustrasi ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi dan upaya pelestarian terhadap bangunan Cagar Budaya.
PRASETIYA, Ogi - Personal Name
DK/Pra/p/2018
NONE
Tugas Akhir
Jur. Desain FSR ISI Yk
2018
Yogyakarta
xxii, 150 hal.: ilus.: lamp; 30 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...