Detail Cantuman Kembali

XML

Kartu Tarot sebagai Inspirasi dalam Penciptaan Seni Lukis


Karya seni merupakan cerminan jiwa pribadi dari seniman terhadap lingkungannya. Karya seni lahir setelah melewati beberapa tahap secara lahir maupun batin untuk menumbuhkan gagasan atau ide yang kemudian dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, ide atau gagasan tersebut diwujudkan ke dalam karya seni.
Penciptaan karya-karya tugas akhir ini muncul karena adanya keinginan untuk memadukan makna kartu tarot dengan unsur ikon tradisi Bali. Dalam proses pembuatan tugas akhir ini, banyak hal yang didapatkan dan dirasakan. Kartu tarot bersifat luwessehingga bentuk dan wujudnya dapat mengikuti keinginan senimannya maupun lingkungan tempat tarot itu diciptakan, tanpa menghilangkan makna yang terkandung di dalamnya. Adanya pengalaman maupun pemahaman akan tarot dan budaya Bali menarik minat untuk mentransformasikan nilai-nilai simbolik dari kartu tarot kedalam ikon-ikon tradisi Bali.
Selain itu proses mengungkapkan gagasan-gagasan maupun ide kedalam wujud karya lukis, tidak sedikit terjadinya pengurangan maupun penambahan pada wujud aslinya pada objek yang ditampilkan. Hal itu dilakukan untuk mencari kebebasan dalam mengolah objek sesuai dengan cita rasa yang dimiliki. Selain itu juga bertujuan memberikan makna dan membentuk sebuah keindahan maupun keharmonisan di dalam sebuah karya.
DEWI, Dyah Ayu Santika - Personal Name
SL/Dew/k/2018
NONE
Tugas Akhir
INDONESIA
Jur. Seni Murni FSR ISI Yk
2018
Yogyakarta
xiii, 86 hal.:ilus.:lamp.; 30 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...