Detail Cantuman Kembali

XML

Techno Impact : Dampak Perkembangan Gadget Pada Masyarakat


Perkembangan teknologi kian hari semakin pesat menghasilkan berbagai macam gadget canggih, salah satunya adalah smartphone dan fitur sosial media di dalamya. Kemunculannya tentu memberikan dampak positif berupa kemudahan dalam berkomunikasi melalui sosial media seperti facebook, instagram, what’s app, line, dan lain-lain. Ketika gadget digunakan secara berlebihan akan berdampak negatif pada masyarakat. Masyarakat menjadi lebih individual karena terlalu sibuk dengan dunia virtualnya. Perilaku masyarakat yang terkena dampak penggunaan gadget ini diperoleh penulis melalui pengamatan pada lingkungan sekitar dan juga merupakan pengalaman pribadi penulis yang hidup di era komunikasi saat ini. Fenomen sosial tersebut digunakan penulis sebagai tema penciptaan karya lukis dengan judul keseluruhan adalah “TECHNO IMPACT”.
Seni lukis dipilih sebagai media untuk mengekspresikan keresahan penulis menanggapi fenomena sosial tersebut. Dari tema yang diangkat, penulis menghasilkan 11 lukisan dengan judul masing-masing: Sibuk Gaya Baru, Branded selfie, I’m the Only One, ((Junk Food)), Fake Society, Life Time Lovers, Wake Up !, Charging Station, Plis Buka Dong, Drowning Girl, Everyday Activity. Metode penciptaan yang digunakan penulis sama dengan metode penciptaan milik David Campbell, namun dalam penggarapan karya terjadi sedikit perbedaan pada urutan prosesnya yaitu, (1) persiapan, (2) konsentrasi, (3) iluminasi, (4) inkubasi, dan selanjutnya (5) verivikasi.
Figur manusia dipilih penulis untuk mewakili ide bentuk dari tema yang diangkat. Warna yang digunakan adalah warna-warna cerah. Penulis tidak menggunakan banyak metafor dalam karyanya agar pesan lebih mudah tersampaikan. Secara keseluruhan, tema dan karya tersebut merupakan sindiran atas potret kehidupan masyarakat saat ini dalam menghadapi perkembangan teknologi.
PRATIWI, Novrida - Personal Name
TES/SL/Pra/t/2017
NONE
Tugas Akhir
INDONESIA
PPS ISI Yk.
2017
Yogyakarta
v, 87 hal.: ilus.; 30 cm.
Ada jurnal cetak
LOADING LIST...
LOADING LIST...