Detail Cantuman Kembali

XML

Ekspresi Komunikasi Intrapersonal Dalam Lukisan


Tugas Akhir ini mengangkat tema tentang Ekspresi Komunikasi Intrapersonal dalam Lukisan. Bagi penulis komunikasi intrapersonal merupakan sebuah curhatan dalam diri, ketakutan penulis berkomunikasi dengan orang lain dan akhirnya disimpan untuk diri sendiri.
Ekspresi merujuk pada emosi dari pengalaman hidup seorang seniman yang terpancar dalam karya lukis. Selanjutnya, emosi tersebut terungkap dalam getaran yang dirasakan apresiator saat menikmati sebuah karya seni. Artinya, seni mengaitkan perasaan ekspresif para kreator dan apresiator.
Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi dalam internal diri sendiri sebagai pengirim pesan dan penerima pesan. Dalam komunikasi ini penulis mendayagunakan kebebasan dalam berkomunikasi tanpa takut dengan norma yang berlaku dalam masyarakat, tanpa menyakiti hati orang lain.
Saat melakukan komunikasi intrapersonal penulis dapat berimajinasi secara aktif, dan mampu menimbulkan figur-figur yang muncul dan akhir dituangkan kedalam media kanvas sebagai ungkapan batin penulis yang ingin di bagikan kepada orang lain. komunikasi intrapersonal telah menjadi bagian dari ekspresi jiwa penulis yang diungkapkan dalam sebuah karya seni lukis merupakan ungkapan perasaan yang terbentuk dari perenungan seorang seniman terhadap pengalaman estetis yang bersifat pribadi dan lebih dalam.
karya seni lukis ini dapat juga menjadi suatu terapi untuk menenangkan jiwa dan terkadang membuat penulis tertawa dengan apa yang di lukis. Saat menuangkan inilah penulis merasa nyaman dan tenang karena beban yang ada di pikiran dapat berkurang. Penulis ingin berbagi dari hal yang dirasakan dalam kehidupan yang tersembunyi dalam diri penulis melalui karya seni lukis sehingga dapat memenuhi target dalam menyelesaikan tugas akhir ini.
PINANJOYO, Rachmat Edwin - Personal Name
SL/Pin/e/2017
NONE
Tugas Akhir
INDONESIA
FSR ISI Yk.
2017
Yogyakarta
xii, 102 hal.: ilus.; 30 cm.
Ada jurnal cetak
LOADING LIST...
LOADING LIST...