Detail Cantuman Kembali

XML

Makna Simbolik Ornamen Gorga Budaya Batak Toba


Seiring perkembangan zaman, masyarakat Batak Toba sudah jarang membangun rumah hunian dengan kebentukan seperti arsitektur rumah Batak. Kebanyakan masyarakat sudah membangun rumah hunian bergaya modern, baik dari sisi arsitektur rumah maupun ornamen yang digunakan. Faktor yang menyebabkan berkurangnya masyarakat suku Batak Toba membangun rumah hunian berasitektur rumah Batak Toba dikarenakan biaya pembuatan yang lebih mahal, tingkat fungsional/ kebutuhan yang sudah berbeda, dan pengaruh arsitektur modern yang lebih sederhana dan lebih cepat dalam proses pembangunan dan pencarian bahan.
Selain itu, fungsi dari Gorga saat ini tidak hanya untuk rumah atau bangunan saja, pengalihan pengaplikasian Gorga sudah banyak dilakukan. Gorga juga sudah diterapkan pada aksesoris selain rumah hunian, seperti alat musik tradisonal, pakaian, dan bahkan di pemakaman. Padahal Gorga mempunyai aturan-aturan tersendiri dalam pengaplikasiannya sebagai hiasan, hal ini yang membuat penulis tertarik untuk meliti lebih dalam lagi apa yang melatar belakangi kenapa pengaplikasian Gorga mempunyai aturan berdasarkan jenisnya dan makna
apa yang ada dibalik bentuk visual Gorga Batak Toba tersebut.
Dalam penelitian ini, membongkar bentuk visual dan makna simbolik ornamen Gorga akan sangat berkaitan dengan membedah bagaimana pola berpikir masyarakat Batak Toba dalam kehidupan sehari-hari. Potret kehidupan dan kesadaran sebagai manusia serta keberimbangannya dengan lingkungan tergambar dari tiap elemen visual berupa garis, tekstur, warna dan bidang yang ditorehkan pada ornamen.

SIBURIAN, Tulus Pranto - Personal Name
SL/Sib/m/2017
NONE
Tugas Akhir
INDONESIA
FSR ISI Yk.
2017
Yogyakarta
vi, 124 hal.: ilus.; 30 cm.
Ada jurnal cetak
LOADING LIST...
LOADING LIST...